ANALISIS SENSOR PROXIMITY INDUKTIF PADA SISTEM PEMILAH LIMBAH LOGAM DAN NON LOGAM SECARA OTOMATIS BERBASIS FIREBASE CLOUD MESSAGING

2203433008, Muhamad Ridzki Alfarukhi (2024) ANALISIS SENSOR PROXIMITY INDUKTIF PADA SISTEM PEMILAH LIMBAH LOGAM DAN NON LOGAM SECARA OTOMATIS BERBASIS FIREBASE CLOUD MESSAGING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II s/d BAB IV] Text (BAB II s/d BAB IV)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Perkembangan yang pesat dalam bidang industri mengakibatkan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah banyaknya berbagai jenis Industri baru yang menyebabkan meningkatnya volume limbah industri dari berbagai sektor. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan limbah yang baik dengan menggunakan sistem pemilah limbah logam dan non logam secara otomatis agar limbah yang ada di Industri dapat terkelola dengan baik. Alat ini menggunakan Sensor Proximity Induktif sebagai pendeteksi limbah logam untuk menggerakan Motor Servo sebagai pemilah. Agar pemilahan limbah dapat terlaksana dengan baik maka Sensor Proximity Induktif yang digunakan harus dilakukan pengujian dan analisis terlebih dahulu. Analisis ini bertujuan untuk menguji kinerja sensor Proximity Induktif yang digunakan dalam Sistem Pemilah Limbah Logam dan Non Logam Secara Otomatis Berbasis Firebase Web Cloud Messaging. Pada pengujiannya sensor akan diuji coba menggunakan beberapa parameter presentase kecepatan motor yaitu pada kecepatan 100%, 75%, 50% dan 25% untuk mengetahui kecepatan yang tepat agar Sensor Proximity Induktif dapat bekerja secara maksimal. Berdasarkan pada hasil pengujian sensor didapatkan 4 presentase keberhasilan pada pendeteksian sensor yaitu kecepatan motor 100% dengan presentase keberhasilan sebesar 75%, kecepatan motor 75% dengan presentase keberhasilan 85%, kecepatan motor 50% dengan presentase keberhasilan 100% dan kecepatan motor 25% dengan presentase keberhasilan 100%. Berdasarkan pada hasil pengujian sensor maka kecepatan motor yang tepat agar sensor dapat bekerja secara maksimal adalah pada kecepatan 50% karena presentase pendeteksian sensor sebesar 100%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Muhamad Ridzki Alfarukhi
Date Deposited: 28 Mar 2024 08:40
Last Modified: 28 Mar 2024 08:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item
View Item