Rancang Bangun Sistem Navigasi Low Cost Menggunakan Sensor MPU6050 dan GPS Ublox Neo 6M pada Wahana Kapal Survei Tanpa Awak

2203433012, Muhammad Tri Ramdhoni (2023) Rancang Bangun Sistem Navigasi Low Cost Menggunakan Sensor MPU6050 dan GPS Ublox Neo 6M pada Wahana Kapal Survei Tanpa Awak. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 sd BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 sd BAB 4 Isi Skripsi)
BAB 2 sd BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (447kB)

Abstrak

Di era digital, perkembangan teknologi otomasi telah membawa dampak besar diberbagai sektor, termasuk industri maritim. Kapal wahana survei tanpa awak menjadi salah satu inovasi yang memperkaya kemampuan eksplorasi dan survei di perairan laut. Navigasi wahana kapal survei memiliki kemajuan teknologi yang signifikan dalam pengembangan sensor dan sistem navigasi, kendala utama yang masih dihadapi adalah biaya yang tinggi. Oleh karena itu, pada penelitian ini membuat sistem low cost navigasi pada wahana kapal survei tanpa awak menjadi salah satu solusi untuk menggantikan sistem navigasi wahana kapal survei tanpa awak yang ada saat ini. Penelitian ini mengevaluasi kinerja sistem dengan membandingkan sistem navigasi wahana kapal survei tanpa awak saat ini. Analisis data menunjukkan bahwa Gyro pada sistem navigasi dalam penelitian memiliki nilai RMSE yang kompetitif, dengan nilai 1,160 untuk pitch dan 1,197 untuk roll menunjukkan kelayakan penggunaannya. Dan GPS pada sistem navigasi low cost menunjukkan selisih jarak yang rendah hanya 3,571 meter dan memiliki nilai keberhasilan sebesar 81% menegaskan kehandalan sistem sistem GPS low cost. Meskipun demikian, nilai kecepatan pada sistem low cost menunjukkan perbedaan yang signifikan tetapi masih dalam batasan nilai yang baik dengan MSE sebesar 0,893572 yang mengindikasikan keunggulan sistem high cost dalam menentukan kecepatan. Dengan demikian sistem navigasi low cost ini merupakan pilihan yang layak dengan biaya yang lebih terjangkau.
Kata Kunci: Sistem Navigasi, Low Cost, Wahana Kapal Survei, RMSE, Gyro, GPS.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Amd muhammad tri ramdhoni
Date Deposited: 28 Mar 2024 11:48
Last Modified: 28 Mar 2024 11:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16698

Actions (login required)

View Item
View Item