SISTEM IDENTIFIKASI WAJAH SESEORANG DALAM RUANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK TENSORFLOW

2203433006, Difna Yasmika (2024) SISTEM IDENTIFIKASI WAJAH SESEORANG DALAM RUANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK TENSORFLOW. Politeknik Negeri Jakarta. (Submitted)

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Dokumen Skripsi.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
BAB 2 sd BAB 4 Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (798kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (222kB)

Abstrak

Kegiatan absensi yang masih sering menggunakan kertas dianggap kurang efektif karena berpotensi hilang dan rusak, dalam proses absensi menggunakan metode face recognition hasil absensi dapat disimpan ke dalam folder khusus agar bukti kehadiran tidak dapat dimanipulasi. Selain itu banyaknya kejadian mahasiswa melakukan manipulasi absensi dapat dicegah dengan menambahkan perhitungan manusia untuk mendeteksi jumlah orang yang hadir secara fisik dalam ruangan sesuai dengan hasil absensi menggunakan face recognition. Berdasarkan permasalah tersebut dibuat lah sistem facerecognition, dalam pembuatan sistem facerecognition dibutuhkan beberapa library yang dipakai salah satunya adalah opencv dan tensorflow. Tensorflow dapat memungkinkan pembangunan model deep learning untuk memahami dan mengidetifikasi wajah dengan tingkat akurasi yang tinggi, salah satu algoritma deep learning yang digunakan yaitu adalah Convolutional Neural Network (CNN). Pada proses identitifkasi wajah jarak antar kamera webcam yang dilakukan pada pagi hari dan malam hari dapat mempengaruhi hasil kinerja sistem. Dari setiap pengujian didapatkan jarak terbaik yaitu pada jarak 30cm dengan intensitas cahaya 36 lux dan 67 lux dengan hasil akurasi keberhasilan yang didapatkan yaitu 100%. Model identifikasi wajah yang dibuat menggunakan metode Convlutional Neural Network (CNN) sudah cukup bagus jika mendapatkan cahaya yang baik dan jarak yang sesuai.

Tipe Dokumen: Artikel
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Difna Yasmika
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:46
Last Modified: 28 Mar 2024 01:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item
View Item