IMPLEMENTASI VARIABLE SPEED DRIVE PADA SISTEM PERAKITAN LIDS DAN BASE TERINTEGRASI DENGAN FACTORY I/O

RACKA RICKY FITIPHALDI, 2203443006 (2024) IMPLEMENTASI VARIABLE SPEED DRIVE PADA SISTEM PERAKITAN LIDS DAN BASE TERINTEGRASI DENGAN FACTORY I/O. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of ISI SKRIPSI] Text (ISI SKRIPSI)
2203443006_Racka Ricky Fitiphaldi_Skripsi_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI] Text (HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI)
2203443006_Racka Ricky Fitiphaldi_Skripsi_Identitas.pdf

Download (7MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan merancang dan merealisasikan sistem kendali kecepatan motor 3 fasa dengan mengkombinasikan penggunaan PLC (Programmable Logic Controller) dan VSD (Variable Speed Drive) pada simulasi perakitan lids dan base menggunakan platform digital Factory I/O.
Metode penelitian diawali dengan studi literatur komponen dan perancangan diagram blok sistem. Selanjutnya, dilakukan realisasi dengan menyiapkan perangkat keras berupa PLC S7-1200, VSD Altivar 610, dan aktuator-sensor pada Factory I/O. Perangkat lunak berupa TIA Portal digunakan untuk program ladder PLC serta konfigurasi parameter pada VSD.
Hasil pengujian menunjukkan VSD dan PLC dapat terintegrasi dengan baik melalui komunikasi I/O. Sensor weight scale pada conveyor mampu memberikan umpan balik kecepatan putar motor secara otomatis. Semakin tinggi beban, kecepatan konveyor dapat diperlambat oleh VSD. Parameter motor juga dapat dimonitor melalui HMI VSD dan Factory I/O.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan konsep Internet of Things dan komunikasi antar perangkat cerdas telah berhasil diwujudkan pada simulasi line produksi skala laboratorium. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut diberikan terkait peningkatan fitur kontrol dan monitoring.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: S.Tr.T RACKA RICKY FITIPHALDI
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:34
Last Modified: 26 Mar 2024 04:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item
View Item