Prosedur Pembayaran Pembelian Impor Kertas Pada PT Benua Sejahtera Kertas Melalui Fasilitas Letter of Credit Bank BCA Cabang Jatinegara

1804321018, Riza Nofiyani (2021) Prosedur Pembayaran Pembelian Impor Kertas Pada PT Benua Sejahtera Kertas Melalui Fasilitas Letter of Credit Bank BCA Cabang Jatinegara. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas Tugas Akhir] Text (Halaman identitas Tugas Akhir)
halaman identitas tugas akhir - Riza Nofiyani.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4 isi Tugas Akhir] Text (Bab 2 s/d Bab 4 isi Tugas Akhir)
bagian isi - Riza Nofiyani.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (7MB)

Abstrak

Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana
proses terjadinya pembelian impor, metode pembayaran pembelian, prosedur
pembayaran impor melalui fasilitas letter of credit Bank BCA Cabang Jatinegara,
hambatan serta upaya yang dilakukan PT Benua Sejahtera Kertas. Objek penulisan
ini adalah PT Benua Sejahtera Kertas. Metode penulisan yang digunakan adalah
deskriptif yang bersumber dari hasil wawancara langsung dengan Manager
Accounting & Tax, studi pustaka , dan observasi mengenai pembayaran impor
menggunakan letter of credit. Hasil penulisan bahwa dalam proses terjadinya
pembelian terdapat beberapa tahapan, dengan metode pembayaran pada pembelian
lokal dengan impor berbeda. Prosedur pembayaran impor dengan L/C pada Bank
BCA dimulai melalui pembayaran DP yang kemudian bank akan memberikan
fasilitas L/C untuk dibayarkan ke pihak eksportir dan selanjutnya akan dilakukan
pengiriman barang. Dalam proses pengiriman barang terdapat dokumen yang harus
dipenuhi untuk dapat masuk dan keluar pelabuhan. Dalam penulisan ini tidak
terdapat hambatan dari sisi perbankan hanya saja terdapat hambatan dalam hal
pengiriman barang.
Kata kunci : Prosedur, Pembayaran, Impor, Letter of Credit, Bank.
ABSTRACT
This writing aims to find out how the import purchase process, purchase payment
methods, import payment procedures through letter of credit facilities at Bank BCA
Jatinegara Branch, obstacles and efforts made by PT Benua Sejahtera Kertas. The
object of this writing is PT Benua Sejahtera Kertas. The writing method used is
descriptive obtained from direct interviews with Accounting & Tax Managers,
literature studies, and observations regarding import payments using letters of
credit. The results of writing that in the buying process there are several stages,
with payment methods for local purchases with imports are different. The
procedure for paying for imports by L/C at Bank BCA starts with paying a down
payment, then the bank will provide an L/C facility to be paid to the exporter and
then the goods will be sent. In the process of shipping goods there are documents
that must be met to be able to enter and leave the port. In this paper, there are no
obstacles from the banking side, only obstacles in terms of shipping goods.
Keywords: Procedure, Payment, Import, Letter of Credit, Bank.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: Riza Nofiyani
Date Deposited: 06 Sep 2021 12:40
Last Modified: 06 Sep 2021 12:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item
View Item