ANALISIS PERFORMA, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH BERKAPASITAS 125CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR CAMPURAN BENSIN ETANOL

2002413016, Tegar Maulana Ihsan (2024) ANALISIS PERFORMA, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH BERKAPASITAS 125CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR CAMPURAN BENSIN ETANOL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Skripsi Tegar Maulana Ihsan D4 ManLan Bagian 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
Skripsi Tegar Maulana Ihsan D4 ManLan Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal Skripsi Tegar Maulana Ihsan D4 ManLan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang utama emisi gas rumah kaca dan polusi udara global. Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk mencari bahan bakar alternatif yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Salah satu bahan bakar alternatif adalah campuran bensin dan etanol. Etanol adalah zat kimia yang mudah menguap dan mudah terbakar. penelitian kali ini bertujuan untuk meneliti performa, konsumsi bahan bakar, dan emisi yang dihasilkan oleh bahan bakar bensin pertamax yang dicampur dengan etanol. Komposisi campuran yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 95% bensin dan etanol sebanyak 5%. Pada penelitian ini bensin yang digunakan adalah bensin pertamax 92. Hasil pengujian torsi dan horsepower menggunakan ethanol terhadap penggunaan bensin murni memiliki rata rata torsi maksimum 3% lebih besar dengan nilai 9,2 [N.m] dan memiliki rata rata horsepower maksimum 4% lebih besar dengan nilai 8,21 [hp]. Kemudian, hasil pengujian konsumsi bahan bakar menunjukkan bahwa rata rata nilai konsumsi etanol 5ml lebih boros dibandingkan bensin murni. Selanjutnya, hasil pengamatan emisi gas buang yang dihasilkan dari penggunaan etanol memiliki kadar emisi CO 31% lebih sedikit dengan nilai 0,60 [%vol], dan emisi HC yang dihasilkan sebanyak 16% lebih banyak dengan nilai 647 [ppm.vol].

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: AMD Tegar Maulana Ihsan
Date Deposited: 15 Feb 2024 04:02
Last Modified: 15 Feb 2024 04:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item
View Item