PERANCANGAN ALAT BANTU MESIN PACKAGING UNTUK MEMUDAHKAN PROSES PACKING DI PT.XYZ

2002311084, Ahmad Dimassyach Ramadhan (2024) PERANCANGAN ALAT BANTU MESIN PACKAGING UNTUK MEMUDAHKAN PROSES PACKING DI PT.XYZ. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas_Ahmad Dimassyach R.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Isi bab 2 s.d bab 4_Ahmad Dimassyach R.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel Semnas] Text (Artikel Semnas)
Artikel Semnas Ahmad Dimassyach R.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (530kB)

Abstrak

Pada divisi rotogravure terdapat 2 mesin yaitu mesin rotogravure model lama dan mesin rotogravure terbaru atau sudah modern, Dimana kedua mesin tersebut sama-sama memproduksi 5.000.000 pcs bungkus rokok dalam sehari, Permasalahan yang terjadi adalah pada mesin rotogravure model lama tidak dilengkapi alat penyusunan secara otomatis sehingga hasil cetakannya masih berantakan dan tidak tersusun rapih untuk di packing. Sehingga mengakibatkan proses packing menjadi terhambat dalam segi waktu. Untuk itu perlu dirancang alat bantu mesin packaging untuk memudahkan proses packing dan meminimalisir waktu packing. Menentukan dimensi dan melakukan perhitungan adalah tahap krusial dalam perancangan mesin. Dan proses perakitan dilakukan secara bertahap. Pada pengujian langsung alat bantu mesin packaging ini dapat digunakan untuk merapihkan bungkus rokok dengan kecepatan getaran vibrator yang di control dengan pengatur kecepatan getaran sehingga kecepatan getaran dapat di atur sesuai dengan kebutuhan. Alat bantu mesin packaging ini dapat memudahkan proses packing dan dapat meminimalisir waktu packing sebanyak 3 jam dengan mesin rotogravure model baru. Dengan adanya alat bantu mesin packaging ini perbandingan waktu packing dengan mesin rotogravure model terbaru yang tadinya perbandingan 3 jam menjadi 1 jam. Hasil rancangan alat bantu packaging dapat digunakan untuk memudahkan proses packing Dengan adanya alat bantu mesin packaging ini perbandingan waktu proses packing dengan mesin rotogravure model baru menjadi 1 jam Untuk papan sekat pada alat bantu mesin packaging, penulis menyarankan kapasitas sekat diperbesar sehingga dapat dipakai untuk bungkus rokok yang lebih besar.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Dimas Ramadhan
Date Deposited: 16 Jan 2024 09:00
Last Modified: 16 Jan 2024 09:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item
View Item