1905413040, Fatimah and 1905413007, Indah Solihati and 1905413005, Widiastuti Lagus Rayhan (2023) Rancangan Usaha Penyedia Jasa Exhibition Stylist untuk Pameran Kecantikan dan Fesyen oleh PT Cadabra Kreativa Indonesia. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Cover, Bab 1, Bab 7, Lampiran.pdf
Download (6MB)
Bab 3, 4, 5 dan 6.pdf
Download (2MB)
Abstrak
PT Cadabra Kreativa Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa exhibition stylist spesialisasi pameran kecantikan dan fesyen di Pulau Jawa untuk membuat pameran menjadi lebih menarik melalui keindahan visual dan ambience pameran. Hal ini tergambar pada tiga paket yang ditawarkan perusahaan berupa Lavender package yang meliputi pengerjaan stage, gate, signage, hingga totem area. Kemudian Pinkish package meliputi pengerjaan stage & gate area, kemudian Skye package yang meliputi pengerjaan signage & totem. Meskipun area yang dikerjakan beragam, tetapi ketiga paket ini mengutamakan klien untuk dapat berkonsultasi desain secara eksklusif, revisi sebanyak tiga kali, serta pengalaman bekerjasama dengan para crew profesional untuk mengerjakan paket yang dipilih.
Berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan, tercatat bahwa Pulau Jawa memiliki peluang penyelenggaraan pameran kecantikan dan fesyen sebanyak 243 acara terhitung sejak tahun 2018, 2019, dan 2022. Maka, perusahaan fokus menjadikan Pulau Jawa dengan target konsumen event organizer sebagai klien. Sebab, event organizer sebagai sumber utama yang berperan terjadinya sebuah event.
PT Cadabra Kreativa Indonesia akan didirikan pada tahun 2023 dan mulai beroperasional secara resmi dengan melakukan aktivitas penjualan di tahun 2024 dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan profesional, tersertifikasi oleh lembaga profesi MICE dan berpengalaman dalam event pameran lokal maupun internasional. Perusahaan dibangun dengan modal investasi awal sebesar Rp300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) yang berasal dari tiga pemilik yaitu Indah Solihati sebagai direktur utama, Widiastuti Lagus Rayhan sebagai direktur keuangan, dan Fatimah sebagai direktur pemasaran.
Modal tersebut diolah PT Cadabra Kreativa Indonesia untuk memasarkan package yang dimiliki sesuai dengan analisa potensi pasar, kemampuan sumber daya manusia. Kemudian, investasi modal tersebut tercatat dalam perencanaan keuangan yang meliputi proyeksi penjualan, proyeksi arus kas, neraca keuangan, laporan perubahan modal, laporan laba rugi prediksi payback period. Berdasarkan perencanaan keuangan tersebut, perusahaan dapat mencapai target sebanyak 10 hingga 16 paket penjualan yang terbagi menjadi paket Lavender, Pinkish, dan Skye selama periode 2024 – 2026 dengan target profit mulai dari Rp17.000.000 – Rp191.000.000. Maka, berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bawa investasi modal yang dilakukan pada PT Cadabra Kreativa Indonesia layak dilakukan dan perusahaan layak untuk dijalankan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | Dokumen Internal PNJ |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Widiastuti Lagus Rayhan |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:53 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 03:53 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15989 |