ANALISIS PENURUNAN KINERJA PADA HIGH PRESSURE WATER TRIPLEX PLUNGER PUMP DI TRUCK CONCRETE PUMP HYDRAULIC

2002311081, Farhan Octavian Wijaya (2023) ANALISIS PENURUNAN KINERJA PADA HIGH PRESSURE WATER TRIPLEX PLUNGER PUMP DI TRUCK CONCRETE PUMP HYDRAULIC. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of BAB I & BAB V.pdf] Text
BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II & BAB IV.pdf] Text
BAB II & BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of SEMNAS FARHAN O W.pdf] Text
SEMNAS FARHAN O W.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (566kB)

Abstrak

High Pressure Water Triplex Plunger Pump adalah komponen kunci dalam sistem pembersih pada Truck Concrete Pump Hydraulic. Fungsinya adalah menghasilkan tekanan air tinggi untuk membersihkan sisa-sisa pengecoran beton di lapangan. Namun, sering terjadi penurunan kinerja yang mengakibatkan penundaan dalam pengecoran beton. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi akar penyebab penurunan kinerja High Pressure Water Triplex Plunger Pump pada Truck Concrete Pump Hydraulic. Metode yang digunakan adalah Root Cause Analysis (RCA) dengan pendekatan diagram fishbone. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor yang menyebabkan penurunan kinerja. Salah satunya adalah kerusakan pada katup masuk dan katup keluar alat tersebut. Selain itu, kurangnya tindakan preventive maintenance juga mempengaruhi kinerja. Kualitas air yang buruk juga menjadi faktor yang signifikan. Kesimpulannya, penelitian ini mengidentifikasi akar penyebab penurunan kinerja High Pressure Water Triplex Plunger Pump. Dengan mengetahui faktor-faktor ini, tindakan perbaikan dan perawatan yang tepat dapat diambil untuk mengoptimalkan kinerja alat. Hal ini akan membantu mengurangi penundaan dalam pengecoran beton, mendukung efisiensi proyek konstruksi, dan memastikan kelancaran operasi Truck Concrete Pump Hydraulic.
Kata Kunci: Truck Concrete Pump, High Water Triplex Plunger Pump, Root Cause Analysis, Diagram Fishbone.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Farhan Octavian Wijaya
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:21
Last Modified: 05 Dec 2023 02:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15951

Actions (login required)

View Item
View Item