STUDI KASUS KERUSAKAN OPEN BALL BEARING SKF 16009C3 PADA UNWINDING MESIN SHEETING DI PT. BUKIT MURIA JAYA

2002311009, Ahmad Sholahudin Mukhlis (2023) STUDI KASUS KERUSAKAN OPEN BALL BEARING SKF 16009C3 PADA UNWINDING MESIN SHEETING DI PT. BUKIT MURIA JAYA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Daftar Isi Bab 1 dan Bab 5] Text (Daftar Isi Bab 1 dan Bab 5)
Ahmad Sholahudin Mukhlis_Mpro6B_Halaman Identitas.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of BAB II Tinjauan Pustaka] Text (BAB II Tinjauan Pustaka)
Ahmad Sholahudin Mukhlis_Mpro6B_Bab II-IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Ahmad Sholahudin Mukhlis_Mpro6B_Artikel Ilmiah.pdf] Text
Ahmad Sholahudin Mukhlis_Mpro6B_Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (450kB)

Abstrak

Bearing merupakan elemen mesin yang digunakan sebagai tumpuan untuk sebuah poros sehingga bisa bergerak dan bekerja tanpa mengalami gesekan yang berlebih. Bearing yang dimaksud dalam penelitian ini termasuk ke dalam jenis Roller bearing atau bantalan gelinding yang memiliki komponen gelindig berupa bola. Kerusakan yang terjadi pada bearing dapat menyebabkan Downtime pada mesin sehingga menganggu proses produksi. Lebih dari pada itu, indikasi kerusakan bearing yang tidak di tangani dengan serius dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin yang lain nya sehingga menyebabkan kerugian yang semakin besar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada bearing, menganalisa jenis kerusakan yang terjadi dan menentukan tindakan untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi serta menghitung perkiraan umur bearing. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi di lapangan dan wawancara dengan pihak terkait yakni karyawan dan supervisor yang ada di lapangan. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode “Fishbone Diagram” dengan faktor pendekatan ManPower, Material,Methode dan Faktor Environment Untuk mengetahui sumber masalah. Perencanaan tindakan yang akan diambil untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi dalam hal ini meliputi kegiatan Preventif Maintenance dalam bentuk pengawasan visual secara rutin dan tindak lanjut terhadap temuan dilapangan. Penelitian ini pada akhirnya akan menghasilkan kesimpulan penyebab dari kerusakan bearing yang terjadi serta menentukan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Kata kunci: Roller bearing, preventiv maintenance, kerusakan bearing, Fishbone Diagram

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Ahmad Sholahudin Mukhlis
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:56
Last Modified: 27 Oct 2023 08:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item
View Item