Studi Kasus Kerusakan Slitter Knife Pada Slitting Machine di PT. X

2002311003, Muhammad Ashidiq (2023) Studi Kasus Kerusakan Slitter Knife Pada Slitting Machine di PT. X. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Tugas Akhir] Text (Bagian Identitas Tugas Akhir)
Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II s/d Bab IV] Text (Bab II s/d Bab IV)
Bab II s.d Bab IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Artikel Muhammad Ashidiq SemNas (1).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (276kB)

Abstrak

Slitting Machine merupakan bagian penting dalam proses produksi, khususnya dalam pemotongan material foil laminated. Kerusakan pada slitter knife seperti tumpul ataupun rompal dapat berdampak signifikan terhadap kualitas produk, efisiensi produksi, dan biaya perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab-penyebab utama kerusakan slitter knife dengan menggunakan diagram fishbone, menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan tersebut, dan merumuskan rekomendasi perbaikan yang sesuai. Metode analisis meliputi observasi langsung, pengumpulan data kinerja mesin, serta wawancara dengan operator dan personel pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor seperti proses setting slitter knife tidak dilakukan sesuai SOP yang ada, dan kurangnya pemeliharaan preventive memiliki peran penting dalam terjadinya kerusakan slitter knife. Berdasarkan temuan ini, rekomendasi perbaikan diajukan, termasuk peningkatan pemeliharaan rutin, dan peningkatan pelatihan operator. Studi kasus ini memberikan wawasan yang berharga bagi PT. X dan industri sejenis mengenai pentingnya pemeliharaan yang tepat dan pengelolaan faktor-faktor risiko terkait peralatan produksi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi biaya perawatan, dan meningkatkan kualitas produk di PT. X serta industri manufaktur secara keseluruhan.

Kata kunci: Slitting machine, slitter knife, foil laminated, diagram fishbone

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Muhammad Ashidiq
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:01
Last Modified: 18 Oct 2023 04:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item
View Item