ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI INVESTASI DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE & MCLEAN (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Bibit di kota Depok)

1905421010, Adinda Tiara Maulidina (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI INVESTASI DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE & MCLEAN (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Bibit di kota Depok). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas, BAB I, BAB V, dan Lampiran] Text (Halaman identitas, BAB I, BAB V, dan Lampiran)
Adinda Tiara M - Identitas, BAB I, BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Pembahasan - BAB II sd BAB IV] Text (Pembahasan - BAB II sd BAB IV)
Adinda Tiara M - BAB II sd IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
JURNAL_Adinda Tiara Maulidina 2.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (342kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi investasi digital dengan menggunakan model Delone & Mclean yang berfokus pada pengguna aplikasi Bibit di kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Aplikasi Bibit di kota Depok, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow yang hasilnya berjumlah 100 orang responden. Teknik pengumpulan data responden menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui X dan studi pustaka, sedangkan dalam teknik analisis data dilakukan uji analisis data validitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji signifikansi parsial T (Uji T), uji signifikansi simultan F (Uji F), dan analisis koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil uji secara parsial, variabel system quality tidak memiliki pengaruh signifikan pada penggunaan aplikasi Bibit dengan nilai t hitung < t tabel sebesar 0,825. Sedangkan variabel information quality dan service quality memiliki pengaruh yang lebih besar dan signifikan pada Penggunaan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu masing-masing sebesar 4,894 dan 3,395. Koefisien determinasi diperoleh nilai R square adalah sebesar 0,78 yang menunjukan bahwa 78% dari penggunaan dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu information quality, system quality, dan service quality. Sementara sisanya 22% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Kata kunci: Information Quality, System Quality, Service Quality, dan Penggunaan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Adinda Tiara Maulidina
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:54
Last Modified: 18 Oct 2023 08:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15450

Actions (login required)

View Item
View Item