PERANCANGAN ALAT BANTU ANGKAT DAN PENURUNAN WINDOW FILTER PADA LOKOMOTIF MENGGUNAKAN MOTOR DC

2002311029, Syafa Faiza (2023) PERANCANGAN ALAT BANTU ANGKAT DAN PENURUNAN WINDOW FILTER PADA LOKOMOTIF MENGGUNAKAN MOTOR DC. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Cover, Lembar Orisinalitas, Bab 1 dan Bab  5] Text (Halaman Cover, Lembar Orisinalitas, Bab 1 dan Bab 5)
Halaman Identitas TA 1 (1).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 - Bab 4] Text (Isi Bab 2 - Bab 4)
Isi TA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Semnas] Text (Semnas)
Semnas_2023_Syafa_Faiza_2002311029+(3)+(HASIL+REVIEW).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (629kB)

Abstrak

Penelitian ini membahas perancangan alat bantu angkat dan penurunan window filter pada lokomotif menggunakan motor DC. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan untuk mengurangi upaya fisik yang dibutuhkan dalam proses angkat dan turunnya window filter pada lokomotif. Masalah utama yang dihadapi adalah keterbatasan daya angkat manual dan potensi risiko cedera pekerja. Tujuan penelitian ini adalah merancang alat bantu yang efektif dan aman untuk memudahkan proses angkat dan penurunan window filter. Metode penelitian yang digunakan melibatkan studi literatur, perancangan konsep desain, perhitungan dan menentukan dimensi besi cannal c dan simulasi desain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat bantu yang dirancang berhasil meningkatkan efisiensi proses angkat dan penurunan window filter secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan motor DC sebagai penggerak alat bantu memiliki potensi besar untuk meningkatkan produktivitas dan keselamatan dalam operasi lokomotif.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Syafa Faiza
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:18
Last Modified: 17 Oct 2023 07:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item
View Item