ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MEMBANGUN KOMITMEN ORGANISASI PADA PT DAYA CIPTA DIANRANCANA

1905421015, Helmi Gustian Ashar (2023) ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MEMBANGUN KOMITMEN ORGANISASI PADA PT DAYA CIPTA DIANRANCANA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Pendahuluan & Penutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Pembahasan] Text (Isi Pembahasan)
Bab II s.d. IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran iklim komunikasi organisasi dalam membangun komitmen organisasi pada karyawan yang bekerja didalam proyek pekerjaan pembangunan, khususnya pada karyawan PT Daya Cipta Dianrancana dalam proyek pembangunan gedung PUT PNJ yang dilaksanakan pada Bulan Mei s.d. Desember Tahun 2022. Peran iklim komunikasi dalam membangun komitmen organisasi dilihat melalui lima nilai indikator seperti : nilai partisipasi pembuatan keputusan, nilai kepercayaan, nilai keyakinan, nilai keterbukaan, dan nilai tujuan kinerja tinggi. Sedangkan untuk nilai komitmen organisasi dilihat melalui tiga nilai yaitu : komitmen afektif, komitmen kontinuan, dan komitmen normatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk metode penelitian menggunakan teknik triangulasi sebagai pengumpulan data dan keabsahan data melalui teknik, sumber, dan teori. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, wawancara penelitian ini melalui tujuh informan dengan posisi team leader sebagai atasan dan tenaga ahli sebagai bawahan pada karyawan PT Daya Cipta Dianrancana dalam proyek pembangunan gedung PUT PNJ.
Hasil penelitian pada karyawan PT Daya Cipta Dianrancana dalam proyek pembangunan gedung PUT PNJ, menunjukan iklim komunikasi dilakukan secara positif antara sesama karyawan dalam menyelesaikan tanggung jawab perusahaan. Namun masih terdapat kekurangan seperti pembuatan keputusan bersama belum sepenuhnya dilibatkan, dan masalah kepercayaan yang berlebihan dapat mengakibatkan back up pekerjaan dengan yang output hasil pekerjaan kurang maksimal. Hasil penelitian selanjutnya menggambarkan pada komitmen organisasi afektif dan normatif pada karyawan, melalui iklim komunikasi yang positif dapat membentuk sikap karyawan untuk memilih bertahan di perusahaan. Komitmen kontinuan tidak dapat diterapkan karena perusahaan tidak memperbarui kontrak terhadap karyawannya didalam proyek selanjutnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Helmi Ashar
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:16
Last Modified: 20 Oct 2023 01:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item
View Item