KAJIAN KERUSAKAN CUTTING TOOL RING GROOVE DI MESIN CNC KIRIU PADA PISTON MOTORCYCLE TYPE KOJA PT. XYZ

2002311089, Farhan Rizkian (2023) KAJIAN KERUSAKAN CUTTING TOOL RING GROOVE DI MESIN CNC KIRIU PADA PISTON MOTORCYCLE TYPE KOJA PT. XYZ. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan, Bab 1 dan Bab 5] Text (Pendahuluan, Bab 1 dan Bab 5)
BAB 1 DAN BAB 5.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 - 4] Text (Isi Bab 2 - 4)
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Seminar Nasional] Text (Seminar Nasional)
Seminar Nasional_Farhan Rizkian_2002311089.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (468kB)

Abstrak

Mesin perkakas Kiriu CNC adalah jenis perkakas mesin CNC yang diproduksi oleh Kiriu Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang mengkhususkan diri dalam pembuatan peralatan mesin dan onderdil mobil. Salah satu komponen yang mempengaruhui proses produksi adalah Cutting Tool Ring Groove. Pada saat proses machining berlangsung alat potong ring groove ini sering terjadi kerusakan hingga mengakibatkan patah dikarenakan kondisi cutting tool yang tumpul atau mesin dalam keaadan tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kerusakan Cutting Tool Ring Groove dan memberi solusi guna meminimalisir kerusakan. Metode yang digunakan adalah Root Cause Analysis (RCA) dengan diagram fishbone. Setelah dilakukan analisis, teridentifikasi bahwa kerusakan yang terjadi disebabkan oleh ketidakpatuhan operator terhadap Standar Operational Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, dan juga pelaksanaan jadwal pemeliharaan yang ada tidak dijalankan dengan baik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Farhan Rizkian
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:31
Last Modified: 17 Oct 2023 03:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item
View Item