OPTIMALISASI PERFORMA PLATE HEAT EXCHANGER UNTUK SISTEM PENDINGIN KOMPRESOR (641-CP01 DAN 641-CP02)

2002315042, M. Habil Maulana (2023) OPTIMALISASI PERFORMA PLATE HEAT EXCHANGER UNTUK SISTEM PENDINGIN KOMPRESOR (641-CP01 DAN 641-CP02). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
M. Habil Maulana_Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
M. Habil Maulana_Isi Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskri Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskri Artikel Ilmiah (Jurnal))
M. Habil Maulana_Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (394kB)

Abstrak

Pendistribusian semen pada, PT. Solusi Bangun Andalas Tbk. menggunakan jasa truk, dan kapal. Untuk proses pemuatan semen kedalam kapal dilakukan pada Pelabuhan PT. Solusi Bangun Andalas Tbk. menggunakan Pneumatic Conveyor, dimana penggerak semen pada Pneumatic Conveyor adalah kompresor. Pada saat kompresor bekerja, maka akan terjadi kenaikan temperatur pada mesin kompresor, sehingga diperlukan sistem pendingin yaitu Radiator yang dapat menjaga temperatur kompresor. Karena Radiator yang digunakan saat ini merupakan equipment model lama dan tipe ini sudah digunakan dalam jangka panjang sehingga sering terjadi trouble, maka di pasanglah Plate Heat Exchanger sebagai equipment pengganti yang akan membantu menjaga temperatur kompresor pada saat beroperasi. Dikarenakan Plate Heat Exchanger akan digunakan sebagai equipment pengganti Radiator pada 4 kompresor, maka diperlukan sistem perpipaan yang memadai untuk menyuplai air kedalam 4 kompresor, agar temperatur Water Cooling yang dibutuhkan oleh kompresor sesuai dengan ketentuan yaitu 26-43°C, dan tidak terjadinya perubahan atau kenaikan temperatur yang berlebih pada kompresor, yang dapat mengakibatkan Breakdown Maintenance. Sekaligus melancarkan kinerja kompresor dalam proses pemuatan semen. Berdasarkan data dan hasil uji coba, Plate Heat Exchanger sebagai equipment pendingin ke 4 kompresor mampu menjaga suhu Water Cooling kompresor selama operasional pemuatan semen ke kapal tanpa terjadi delayed loading karena matinya kompresor diakibatkan kenaikan temperatur yang signifikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Dokumen Internal PNJ
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: A.Md.T M. Habil Maulana
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:06
Last Modified: 19 Oct 2023 02:06
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item
View Item