PEMBUATAN APLIKASI “BAYAR YUK” MENGGUNAKAN BIOMETRIC SECURITY GANDA PENGGANTI PIN DAN PEMBUATAN WEBSITE POINT OF SALE PADA KASIR

Sumaryo, Mochamad Hendhy (2023) PEMBUATAN APLIKASI “BAYAR YUK” MENGGUNAKAN BIOMETRIC SECURITY GANDA PENGGANTI PIN DAN PEMBUATAN WEBSITE POINT OF SALE PADA KASIR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI “BAYAR YUK” MENGGUNAKAN BIOMETRIC SECURITY GANDA PENGGANTI PIN DAN PEMBUATAN WEBSITE POINT OF SALE PADA KASIR - BAB 1 & 5] Text (PEMBUATAN APLIKASI “BAYAR YUK” MENGGUNAKAN BIOMETRIC SECURITY GANDA PENGGANTI PIN DAN PEMBUATAN WEBSITE POINT OF SALE PADA KASIR - BAB 1 & 5)
BAB_1_&_5..pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 - 4.pdf] Text
BAB 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel_MochamadHendhySumaryo_4817040272-CCIT8.pdf] Text
Artikel_MochamadHendhySumaryo_4817040272-CCIT8.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (345kB)

Abstrak

Dalam mendukung moderenisasi dalam kegiatan transaksi jual beli, dibutuhkan aplikasi atau platform yang dapat diakses dimana saja agar menciptakan mobilitas dalam penggunaannya. Sistem pembayaran berbasis teknologi kini telah menggeser sistem transaksi tunai. Transaksi menggunakan payment gateway dinilai menguntungkan karena dapat mengurangi biaya transaksi bisnis dan dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini ialah merancang sistem berbasis mobile dan web yang dapat membantu pedagang dan pembeli di food court Griya Depok Asri dalam bertransaksi, khususnya dalam sisi pembayaran, dan membatu pengguna aplikasi dalam mengamankan data pribadi, yakni PIN atau kata sandi saat menggunakan aplikasi. dengan menggunakan Flutter, ASP.Net, dan database MongoDB. Serta digunakannya Biometric Security diharapkan dapat mempermudah dan lebih memperaman dalam bertransaksi jual beli, khususnya pembayaran. Pembahasan dalam penelitian ini adalah perancangan sistem aplikasi yang dapat membantu penjual dan pembeli dalam bertransaksi dengan menggantikan transaksi dengan menggunakan uang tunai atau cash dengan menggunakan uang elektronik atau cashless. Selain itu, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan biometric security untuk menggantikan PIN atau kata sandi. Aplikasi mobile dibuat dengan menggunakan Flutter dan website dibuat dengan menggunakan ASP.Net. Setelah melakukan tahapan penelitian sesuai dengan rancangan, sistem diimplementasikan dan dilakukan pengujian dengan metode uji blackbox testing dan UAT.

Kata Kunci: biometric security, Payment gateway, android, website

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Mochamad Hendhy Sumaryo
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:41
Last Modified: 06 Oct 2023 02:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item
View Item