PROSES PENGUJIAN MATERIAL PADA PEMBUATAN STORAGE TANK KAPASITAS 250 BBL YANG MENGACU PADA BILL OF MATERIAL (BOM) DI PT MUDALAYA ENERGY INDONESIA

2002311022, Alfian Aji Permana (2023) PROSES PENGUJIAN MATERIAL PADA PEMBUATAN STORAGE TANK KAPASITAS 250 BBL YANG MENGACU PADA BILL OF MATERIAL (BOM) DI PT MUDALAYA ENERGY INDONESIA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Bab 1 & ab 5_Alfian Aji Permana _2002311022.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Bab 2 sd Bab 4_Alfian Aji Permana_2002311022.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip_Alfian Aji Permana.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (288kB)

Abstrak

Perkembangan dunia industri yang semakin pesat menuntut perusahaan untuk dapat bergerak lebih cepat dan fleksibel dalam menghadapi persaingan. Khususnya dalam industri bidang minyak dan gas yang mendorong PT. Mudalaya Energy Indonesia untuk dapat menyediakan layanan fabrikasi pembuatan storage tank dalam hal untuk mendukung kegiatan tersebut. Storage tank atau tangki penyimpanan adalah alat yang digunakan untuk menyimpan hasil dari industri minyak dan gas, industri kimia, dan gas. Oleh karena itu dibutuhkan produk storage tank dengan kualitas yang baik untuk menunjang kegiatan tersebut. Proses pemilihan material pada storage tank menjadi salah satu faktor penting dalam hasil yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan material yang cocok berdasarkan pertimbangan kekuatan material untuk menahan beban yang terdapat pada storage tank, kemudahan pada proses fabrikasi, dan biaya material yang digunakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan perhitungan secara teoritis dan membandingkan beban yang bekerja dengan tegangan ijin material. Hasil dari perhitungan dan pertimbangan yang dilakukan yaitu tegangan yang terjadi pada material tidak melebihi dari tegangan ijin material sebesar 122,5 [Mpa]. Material yang digunakan pada rangka dan pelat storage tank yaitu jenis bahan SS400 dan pada material pipa digunakan jenis bahan ASTM A105 dengan pressure nominal 16 [bar] atau 1,6 [Mpa].

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Alfian Aji Permana
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:03
Last Modified: 29 Sep 2023 07:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item
View Item