PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI PADA GENERASI Z DI DKI JAKARTA)

1904411005, Putri Fauziah (2023) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI PADA GENERASI Z DI DKI JAKARTA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Putri Fauziah_1904411005.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Skripsi] Text (Isi Skripsi)
Isi Skripsi_Putri Fauziah_1904411005.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (879kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Jurnal] Text (Manuskrip Artikel Jurnal)
Manuskrip Artikel Jurnal_Putri Fauziah_1904411005.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (440kB)

Abstrak

Jakarta dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam tentunya memberikan pengaruh yang besar terhadap budaya yang berkembang di Indonesia, khususnya dalam budaya konsumsi makanan halal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk makanan halal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Muslim Generasi Z di DKI Jakarta yang pernah membeli dan mengonsumsi produk makanan halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang di kuantitatifkan dengan pendekatan regresi linear berganda menggunakan software IBM Statistic SPSS ver.22. Data penelitian ini menggunakan data primer melalui kuisioner yang dibagikan kepada 100 orang masyarakat DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran halal dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal, sedangkan sertifikasi halal tidak berpengaruh. Kebaruan penelitian ini adalah menganalisis variabel sertifikasi halal sebagai variabel independen yang masih jarang ditemukan untuk penelitian di sektor industri makanan halal, dan subjeknya adalah Generasi Z yang memiliki peluang paling besar dalam kegiatan konsumsi di antara generasi lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan serta kajian mengenai faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian produk halal oleh konsumen di Indonesia.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Putri Fauziah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:18
Last Modified: 26 Sep 2023 02:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15051

Actions (login required)

View Item
View Item