Analisis Strategi Ekspansi Perusahaan Y Dalam Penambahan SPBU Di Saat Fluktuasi Harga Minyak Dunia dan Gencarnya Kampanye Kendaraan Listrik Periode (2022 – 2023)

Alkindi, Afdhal Yusra (2023) Analisis Strategi Ekspansi Perusahaan Y Dalam Penambahan SPBU Di Saat Fluktuasi Harga Minyak Dunia dan Gencarnya Kampanye Kendaraan Listrik Periode (2022 – 2023). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas - Skripsi Afdhal.pdf] Text
Halaman Identitas - Skripsi Afdhal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi - Skripsi Afdhal.pdf] Text
Isi - Skripsi Afdhal.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (605kB)

Abstrak

Kendaraan bermotor saat ini menjadi salah satu alat transportasi utama di Indonesia. Besarnya jumlah kendaraan bermotor ini membuat kebutuhan BBM di Indonesia sangat besar. Tingginya tingkat konsumsi ini membuat bisnis penjualan dan penyaluran BBM di Indonesia menjadi bisnis yang menjanjikan. Perusahaan Y menjual BBM beroktan tinggi dengan harga yang lebih kompetitif dan sedang berekapansi. Namun, terdapat ancaman dalam di saat mereka sedang melakukan ekspansi. Minyak bumi yang merupakan bahan baku dari BBM harganya berfluktuasi setiap saat dan ancaman baru yaitu kendaraan listrik. Kendaraan listrik saat ini sedang gencarnya dikampanyekan untuk menggantikan bahan bakar fosil yang habis pakai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, Penelitian kualitatif dipilih agar dapat lebih memahami secara mendalam permasalahan dan fenomena yang sedang dibahas dengan pendekatan yang lebih peka antara peneliti dengan informan. Proses pengambilan data dilakukan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada informan. Pembahasan dilakukan dengan mengalisis SWOT. Analisis matriks SWOT yang dilakukan menghasilkan Sebelas strategi. Perusahaan Y menerapkan strategi dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki. Mempetahankan kualitas produk BBM diiringi dengan memperkenalkan produk-produk no BBM. Perusahaan Y menggunakan strategi beradaptasi akan perubahan. Bentuk adaptasi Perusahaan Y ini dengan menghadirkan Y ReCharge.

Kata kunci: Perusahaan Y, Fluktuasi Harga Minyak Dunia, Kampanye Kendaraan Listrik, Analisis SWOT.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email afdhal.yusraalkindi.an19@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:03
Last Modified: 16 Oct 2023 03:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14986

Actions (login required)

View Item
View Item