RANCANG BANGUN ULANG PENAMBAHAN SALURAN KONDENSAT DAN SISTEM KONTROL UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA OVEN LISTRIK

1902412008, Linggar Kahpy Rizky (2023) RANCANG BANGUN ULANG PENAMBAHAN SALURAN KONDENSAT DAN SISTEM KONTROL UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA OVEN LISTRIK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
BAB 1-5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of A-Semnas_2023_Linggar+Kahpy+Rizky_Revisi.pdf] Text
A-Semnas_2023_Linggar+Kahpy+Rizky_Revisi.pdf

Download (874kB)

Abstrak

Oven existing memiliki kekurangan pada performa oven, yang disebabkan oven belum memiliki kontruksi saluran pengeluaran kondensat sehingga berkarat, termokontro ler belum bisa mengatur suhu dengan stabil, belum terdapatnya timer waktu dan kwh meter dan efisiensi termal pada oven belum diketahui. Dari analisa tersebut dilakukan metode pemecahan masalah yaitu melakukan perhitungan efisiensi termal untuk mengetahui efisiensi termal kondisi existing, selanjutnya perlu dilakukan penambahan isolator, redesign pada kontruksi oven dengan membuat saluran pengeluaran kondensat agar oven tidak berkarat, pergantian termokontroler, dan menambahkan timer waktu untuk mengatur waktu pengeringan, serta kwh meter untuk mengetahui informasi daya pada oven saat melakukan pengeringan sehingga meningkatkan performa pada oven. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa oven dengan mengatasi beberapa kekurangan pada kondisi existing. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi langsung dengan melakukan redesign dan pengujian langsung pada oven. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan hasil perhitungan efisiensi termal dari oven sebelum dimodifikasi sebesar 77,40% sedangkan oven setelah dimodifikasi mencapai 91,58% yang menunjukan peningkatan pada efisiensi termal, oven memiliki saluran pembuangan kondensat yang mencegah terjadinya karat, hasil lainnya oven memiliki termokontroler, timer waktu, dan kwh meter, sehingga membuat oven memiliki suhu yang stabil pada suhu 40℃-60℃ serta dapat mengatur waktu dan mengetahui daya yang diperlukan selama proses pengeringan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Linggar Rizky
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:49
Last Modified: 14 Sep 2023 03:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14908

Actions (login required)

View Item
View Item