STUDI KASUS PENYEBAB KERUSAKAN MESIN DAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN MULTI FORMING YSM 36TX DI PT. MADA WIKRI TUNGGAL

2002311052, Putri Maulidia Cahyadi (2023) STUDI KASUS PENYEBAB KERUSAKAN MESIN DAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN MULTI FORMING YSM 36TX DI PT. MADA WIKRI TUNGGAL. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 - Bab 5 - Pengesahan & Lampiran.pdf] Text
Bab 1 - Bab 5 - Pengesahan & Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 4.pdf] Text
Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Putri Maulidia Cahyadi - Semnas 2023.pdf] Text
Putri Maulidia Cahyadi - Semnas 2023.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (374kB)

Abstrak

Mesin multi forming adalah mesin yang digunakan untuk membentuk bahan mentah menjadi produk akhir dengan berbagai bentuk yang diinginkan. Mesin multi forming termasuk kedalam salah satu mesin utama yang selalu digunakan dalam proses produksi karena dapat membuat lebih dari satu macam part. Namun, pemakaian yang tidak sesuai standar serta kurangnya perawatan yang dilakukan mengakibatkan penurunan pada efektivitas mesin. Dalam penelitian ini, tahap yang dilakukan adalah mengumpulkan data tentang kerusakan yang terjadi pada mesin multi forming di sebuah pabrik manufaktur. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan operator mesin yang datanya diolah menggunakan metode “Fishbone Diagram” serta pemeriksaan secara visual. Strategi preventive maintenance yang direkomendasikan akan meliputi jadwal pemeliharaan rutin, penggantian komponen yang aus, perbaikan proaktif, dan pelumasan yang tepat. Dengan menerapkan strategi preventive maintenance yang tepat, diharapkan mesin dapat beroperasi dengan lebih efisien dan terhindar dari kerusakan yang dapat mengganggu produksi dan menyebabkan downtime yang tidak diinginkan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: A.Md Putri Maulidia Cahyadi
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:16
Last Modified: 11 Sep 2023 04:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14859

Actions (login required)

View Item
View Item