PENJUALAN MERCHANDISE DENGAN SABLON DIRECT TRANSFER FILM (DTF) UNTUK KOMUNITAS GAME ONLINE

Sigit Pratama, Raihan (2024) PENJUALAN MERCHANDISE DENGAN SABLON DIRECT TRANSFER FILM (DTF) UNTUK KOMUNITAS GAME ONLINE. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
REPOSITORY RAIHAN- JUDUL, PENDAHULUAN & PENUTUP.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4] Text (Bab 2 s.d Bab 4)
REPOSITORY RAIHAN- TA BAB 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini menjelaskan proses pembuatan cutting sticker dan pemasangan pada media merchandise yang dihasilkan oleh mahasiswa sebagai tahap latihan dan sasaran penjualannya adalah para gamer yang tergabung dalam komunitas GAME ONLINE.Masalah penelitian ialah target produksi tidak tercapai, disebabkan adanya produk rusak dan sedikit pesanan yang masuk. Tugas akhir ini adalah membuat karya tentang produksi sablon merchandise, selanjutnya diterapkan atau diaplikasikan pada berbagai produk merchandise seperti kaos dan tas (totebag). Permasalahan dalam tulisan ini adalah bagaimana membuat desain yang bagus dan unik agar nantinya merchandise yang dihasilkan dapat menarik minat komunitas lain untuk membeli. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini untuk mengaplikasikan sablon ke berbagai merchandise dengan design gambar menggunakan aplikasi Corel Draw, Photoshop dan Adobe Ilustrator (AI) beserta cara memasarkan produk sablon tersebut. Metode yang digunakan dalam pembuatan desain ini adalah menyiapkan gambar yang di pilih untuk selanjutnya di gambar ulang menjadi design vector menggunakan aplikasi Corel Draw, Photoshop dan Adobe Ilustrator (AI). Setelah itu desain di cetak menjadi stiker dan diaplikasikan pada merchandise menggunakan mesin hot press. Hasil akhirnya berupa berbagai merchandise yang menarik dengan desain yang telah di pilih. Untuk memasarkan produk merchandise ini bisa melalui penjualan langsung atau melalui toko online dan media sosial

Kata Kunci: desain, kaos, merchandise, pemasaran, stiker, sablon digital, tas

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 773 Proses pencetakan dengan pigmen
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Pemasaran D3
User ID Pengunggah: RAIHAN SIGIT PRATAMA
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:54
Last Modified: 13 Sep 2023 02:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item
View Item