Analisis Perbandingan Trading Volume Activity, Return Saham, Harga Saham, dan Abnormal Return Saham BRIS Sebelum dan Sesudah Merger dari Tahun 2019-2022

1904441060, Muhammad Rio Haryo Prakoso (2023) Analisis Perbandingan Trading Volume Activity, Return Saham, Harga Saham, dan Abnormal Return Saham BRIS Sebelum dan Sesudah Merger dari Tahun 2019-2022. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (295kB)

Abstrak

Di antara negara-negara lain di dunia, Indonesia memiliki populasi muslim terbesar. Hal tersebut dapat menjadi nilai lebih bagi Indonesia untuk dapat memiliki Bank Syariah terbesar di dunia. Penetrasi perbankan syariah di Indonesia masih kurang efisien jika dibandingkan dengan bank konvensional. Dalam rangka untuk mencapai efisiensi usaha agar perbankan syariah di Indonesia lebih kompetitif dan menguntungkan, maka pemerintah melakukan merger terhadap perbankan syariah BUMN di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity, return, harga, dan abnormal return saham BRIS antara sebelum dan sesudah merger. Pemerintah melakukan Merger 3 bank syariah BUMN yaitu BNIS, BSM, dan BRIS. BRIS ditetapkan sebagai bank penerima merger atau survivor entity karena status BRIS yang sudah menjadi perusahaan terbuka. Metode penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon signed rank test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hasil terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata trading volume activity dan rata-rata harga saham BRIS sebelum dan sesudah merger, namu tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada return dan abnormal return saham BRIS sebelum dan sesudah melakukan merger.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Muhammad Rio Haryo Prakoso
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:56
Last Modified: 04 Sep 2023 03:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item
View Item