PENGELOLAAN INSTAGRAM @DITJENPOTHAN SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI PADA DIREKTORAT JENDERAL POTENSI PERTAHANAN

2005311100, Rafvika Ramadhani (2023) PENGELOLAAN INSTAGRAM @DITJENPOTHAN SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI PADA DIREKTORAT JENDERAL POTENSI PERTAHANAN. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi salah satunya adalah perkembangan internet yang memengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Penggunaan media internet menjadi semakin pesat setelah dapat diakses melalui telepon seluler. Internet memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dan menyajikan informasi up to date sehingga dapat diakses seluruh dunia. Internet memiliki perputaran informasi berkecepatan tinggi setiap harinya dengan berisikan informasi lengkap yang dipergunakan sebagai media informasi yang tidak terbatas.

Media sosial digunakan sebagai media komunikasi dan informasi yang memperluas jangkauan antar pengguna. Salah satu media sosial yaitu Instagram yang merupakan salah satu dari media publikasi. Instagram menjadi peluang potensial dalam penyebaran informasi dan media publikasi yang membangun interaksi antara perusahaan dengan publik. Instagram juga menjadi wadah dalam mempublikasikan program maupun aktivitas kerja yang akan dilaksanakan.

Pengelolaan Instagram dilakukan dengan membuat konten menarik melalui fitur yang sudah tersedia dan mendorong para pengikut Instagram agar dapat terhubung dengan informasi yang disajikan. Hal ini dimaksudkan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan cepat oleh publik. Masyarakat dapat dengan mudah dalam mencari data dan informasi mengenai instansi atau perusahaan melalui Instagram.

Pada Sekretariat Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Kementerian Pertahanan RI) terdapat Bagian Data dan Informasi yang berperan dalam menyelenggarakan dukungan bersifat substansif dan penyajian informasi secara transparan. Pengembangan dan pengelolaan informasi tersebut dilakukan dengan memberikan informasi kepada publik melalui konten yang visualnya menarik.

Keterbukaan informasi ini diperlukan pada badan publik pemerintahan agar informasi yang diberikan bermanfaat dan memudahkan masyarakat dalam mengakses.

Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan memanfaatkan media Instagram dalam menyebarkan informasi terkini dan publikasi program kegiatan yang dilaksanakan. Publikasi ini dilakukan melalui media Instagram agar dapat membina hubungan antara masyarakat internal maupun eksternal sehingga program yang dilaksanakan dapat membangun kepercayaan publik dengan menunjukkan kinerja nyata dan strategi yang benar. Informasi yang disajikan juga diharapkan dapat mendorong pemahaman generasi muda mengenai bela negara.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D3
User ID Pengunggah: Rafvika Ramadhani
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:33
Last Modified: 16 Oct 2023 07:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14676

Actions (login required)

View Item
View Item