RANCANG BANGUN JARINGAN UNTUK LAYANAN TRIPLE PLAY PADA SMARTLAB PNJ

2103423005, Kartika Candra Wijaya (2023) RANCANG BANGUN JARINGAN UNTUK LAYANAN TRIPLE PLAY PADA SMARTLAB PNJ. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 1 Pendahuluan] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Manuskrip Jurnal Ilmiah] Text (Manuskrip Jurnal Ilmiah)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (357kB)

Abstrak

Rancang bangun dalam skripsi ini yaitu membuat suatu rancangan untuk mensimulasikan dengan keadaan yang sebenarnya pada jaringan FTTH yang sudah ada dengan menggunakan sistem GPON untuk menyalurkan layanan triple-play. Dalam penelitian ini terdapat objek kondisi dan variabel-variabel untuk melakukan pengujian yaitu lalu-lintas upstream jaringan GPON yang terdiri dari Throughput ONT dengan media akses kabel jaringan UTP dan WiFi. Lalu-lintas downstream jaringan GPON yang terdiri dari Throughput OLT pada saat menggunakan internet, menonton televisi OTT dan pada saat menelpon menggunakan VoIP. Ketika menggunakan media akses UTP didapatkan rata-rata throughput 351,89 Mbps dan ketika menggunakan media akses WiFi sebesar mendapatkan throughput sebesar 27,4 Mbps. Throughput yang didapatkan dari masing-masing layanan triple-play untuk internet sebesar 32 Mbps, saat menonton TV OTT sebesar 0,176 Mbps dan pada saat menelpon menggunakan VoIP didapatkan rata-rata throughput sebesar 88,115 kbps. Secara keseluruhan throughput untuk lalu-lintas komunikasi upstream pada GPON Smartlab didapatkan rata-rata pengujian saat menggunakan media akses UTP dan WiFi dari pengguna terhadap ONT yaitu sebesar 189,645 Mbps, sedangkan untuk komunikasi downstream pada GPON Smartlab didapatkan rata-rata pengujian menggunakan layanan triple-play yang dirasakan oleh pengguna yaitu sebesar 10,775 Mbps.

Kata Kunci : GPON, OLT, ONT, Triple-Play, Throughput

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: A.Md Kartika Candra Wijaya
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:14
Last Modified: 31 Aug 2023 06:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14637

Actions (login required)

View Item
View Item