PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE DISCLOSURE DAN INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PERUSAHAAN IPO DI BEI TAHUN 2020-2022

1904441032, Khaerussyifa (2023) PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE DISCLOSURE DAN INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PERUSAHAAN IPO DI BEI TAHUN 2020-2022. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
1 - Khaerussyifa - Manajemen Keuangan - Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sampai Bab 4] Text (Isi Bab 2 sampai Bab 4)
2 - Khaerussyifa - Manajemen Keuangan - Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Saat IPO, sering terjadi fenomena underpricing yang diakibatkan oleh asimetri informasi. Signalling theory dapat meminimalisir terjadinya asimetri informasi. sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat perusahaan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan penelitian terhadap yang dapat mempengaruhi terjadinya underpricing pada saham IPO. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh informasi yang diungkapkan dalam prospektus yaitu environmental, social and governance disclosure dan intellectual capital disclosure terhadap tingkat underpricing. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 134 perusahaan yang melakukan IPO dalam kurun waktu 2020-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dengan mengumpulkan dokumentasi informasi dan data yang tersedia di lama resmi BEI. Alat uji yang digunakan adalah IBM SPP 25. Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa Pada variabel ESG, environmental disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, social disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, governance disclosure berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing, Sedangkan pada variabel Intellectual capital, internal capital disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, external capital berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing, dan human capital tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Secara simultan, variabel environmental disclosure, social disclosure dan governance disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing, sedangkan variabel internal capital disclosure, external capital disclosure dan human capital disclosure berpengaruh terhadap underpricing.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: 1904441032 Khaerussyifa
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:22
Last Modified: 31 Aug 2023 07:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14631

Actions (login required)

View Item
View Item