RANCANG BANGUN ALAT PERASAN KELAPA OTOMATIS MENGGUNAKAN MODUL GSM SIM808 BERBASIS ANDROID

2003332026, RAHMI PUTRI RAMADHANI (2023) RANCANG BANGUN ALAT PERASAN KELAPA OTOMATIS MENGGUNAKAN MODUL GSM SIM808 BERBASIS ANDROID. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS.pdf] Text
HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (631kB)

Abstrak

Kelapa merupakan salah satu hasil utama yang banyak diperoleh di Indonesia dan juga memberikan manfaat bagi perekonomian rakyat dan negara. Dari buah kelapa dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman. Salah satu contoh olahan dari buah kelapa adalah santan. Santan merupakan campuran minyak dalam air yang diperoleh dengan cara memeras daging buah kelapa yang sudah dihaluskan.
Di daerah pedesaan proses pemerasan santan ini sudah dilakukan dengan cara modern, menggunakan mesin pemeras kelapa, namun masih dilakukan dengan cara manual atau ditarik menggunakan tangan. Mekanisme proses pemerasan yang dilakukan secara tradisional ini menguras tenaga lebih banyak, maka diperlukan sebuah alat agar proses pemerasan kelapa lebih efisien.
Android menyediakan platform untuk menciptakan aplikasi sehingga alat yang telah dibuat bisa dikendalikan melalui smartphone. SIM808 adalah modul komunikasi yang menyediakan konektivitas GSM/GPRS dan GPS. GSM dapat digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan seluler.
Dari masalah diatas, diperlukan suatu alat yang dapat membantu masyarakat agar lebih efisien dalam proses pemerasan kelapa menjadi santan. Serta tidak membuang banyak tenaga dan lebih menghemat waktu. Alat tersebut menggunakan sebuah sensor load cell, modul GSM SIM808, pompa air, dan LCD. Sensor load cell mengukur berat dari parutan kelapa, sensor ultrasonik untuk mengetahui berapa liter santan yang diperoleh, dan sensor kekentalan untuk mengetahui kekentalan dari hasil perasan. Atas dasar tersebut maka Tugas Akhir ini mengambil judul “Rancang Bangun Alat Perasan Kelapa Otomatis Menggunakan Modul GSM SIM808 Berbasis Android”. Dengan harapan alat ini dapat membantu pabrik-pabrik atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam proses pembuatan santan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: RAHMI PUTRI RAMADHANI
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:55
Last Modified: 30 Aug 2023 07:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item
View Item