Pembuatan Game Open World Sebagai Media Edukasi Huruf Kanji Jepang Menggunakan Unity

1907431012, Muhammad Rifqi Pratama (2023) Pembuatan Game Open World Sebagai Media Edukasi Huruf Kanji Jepang Menggunakan Unity. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
1907431012_Muhammad Rifqi Pratama_Skripsi_Identitas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
1907431012_Muhammad Rifqi Pratama_Skripsi_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
1907431012_Muhammad Rifqi Pratama_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (313kB)

Abstrak

Bahasa merupakan alat untuk melakukan interaksi berupa bunyi yang keluar dari mulut. Berbeda dengan bahasa Indonesia yang menggunakan alfabet, bahasa Jepang memiliki tiga jenis huruf, yaitu: hiragana, katakana, dan kanji. Karena huruf pada kanji Jepang sangat banyak dan berbeda dengan yang biasa dilihat oleh orang-orang yang tinggal di luar Jepang setiap hari, belum lagi adanya perbedaan cara membaca onyomi & kunyomi. Sebagian orang mengalami kesulitan untuk menghafal dan membaca seluruh huruf kanji Jepang, seperti yang terjadi di SMA Sejahtera 1 Depok. Oleh karena itu perlu adanya solusi metode pembelajaran yang lebih efektif serta menarik. game edukasi dapat dijadikan media pembelajaran yang menarik, Karena menyatukan belajar dengan bermain. Perancangan game edukasi ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi untuk platform android dan komputer. Hasil beta testing pretest posttest terdapat kenaikan pada nilai rata - rata responden dari yang sebelumnya 6,9 pada pretest menjadi 8,8 pada posttest.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Mahasiswa Rifqi Pratama
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:24
Last Modified: 30 Aug 2023 04:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14499

Actions (login required)

View Item
View Item