PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI REKSADANA PASAR UANG (STUDI KASUS GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z DI INDONESIA)

1904441028, Muhammad Rayhan Indrastoto (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI REKSADANA PASAR UANG (STUDI KASUS GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z DI INDONESIA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi pasca pandemi covid-19 yang diiringi dengan kenaikan jumlah investor pemula khususnya generasi milenial dan generasi z. Akan tetapi masih kurangnya literasi keuangan serta psikis dari masing masing investor khususnya pemula yang belum cukup matang akan berpengaruh terhadap keputusan investasi yang tidak maksimal. Studi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh literasi keuangan dan faktor psikologis terhadap keputusan investasi reksadana pasar uang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar ke 395 responden dengan kriteria pernah melakukan investasi di reksadana pasar uang dan investor di reksadana pasar uang rentang usia 17 sampai 43 tahun. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Squares-Structural Equation Modeling analysis techniques (SEMPLS) ver4.0. Didapatkan bahwa literasi keuangan dan faktor psikologis seperti emosi, social interaction dan considering the past serta Pendidikan dan pendapatan berperan penting dalam menentukan keputusan investasi reksadana pasar uang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Dokumen Internal PNJ
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Muhammad Rayhan Indrastoto
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:19
Last Modified: 30 Aug 2023 04:19
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14484

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item