RANCANG BANGUN PROTOTYPE SMARTKOST MENGGUNAKAN FIBER OPTIK BERBASIS APLIKASI ANDROID

2003332068, Cintana Dita Firdaus (2023) RANCANG BANGUN PROTOTYPE SMARTKOST MENGGUNAKAN FIBER OPTIK BERBASIS APLIKASI ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI (Bab 2, 3, dan 4)] Text (ISI (Bab 2, 3, dan 4))
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

SmartKost adalah suatu konsep teknologi yang digunakan dalam pengelolaan kos kosan yang modern dan terhubung secara digital. Konsep SmartKost menyatukan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan mutu dan efisiensi dalam pengelolaan kos kosan. Dalam konteks SmartKost, istilah "smart" menggambarkan penerapan teknologi dan fitur cerdas guna meningkatkan pengalaman bagi penghuni atau pengguna serta efisiensi operasional. SmartKost dilengkapi dengan sistem pengoperasian terkontrol yang mencakup berbagai aspek, seperti pengaturan lampu, pengoperasian perangkat elektronik seperti kipas angin, pengaman pintu, dan objek-objek yang dapat digerakkan menggunakan motor servo, seperti gorden. Tambahan pula, Smartkost menawarkan fitur keamanan pada aplikasinya yang memungkinkan pemantauan berkala terhadap kondisi kamar serta memiliki opsi pemesanan kamar kos dengan pembayaran melalui aplikasi di ponsel, sehingga mempermudah pengguna dalam bertransaksi dengan pemilik Smartkost tanpa perlu bertemu langsung. Inovasi ini tentunya memberikan efisiensi yang lebih tinggi karena menghemat waktu. Perangkat dan sensor yang diperlukan untuk membuat sistem ini adalah Arduino Uno, ESP8266, relay, sensor MQ2, sensor PIR, sensor hujan, motor servo, buzzer, lampu, selenoid, dan kipas dc. Kualitas jaringan internet menggunakan WiFi yang dihubungkan dari access point, HTB 1300, mikrotik, dan VSAT. Hasil pada pengujian ini menunjukkan kesesuaian data dari nilai pada database MySQL dan aplikasi android untuk menampilkan data dari membuka aplikasi, memasukkan pin kamar, dan mengontrol kamar. Hasil pengujian performansi seluler didapatkan RSRP sebesar minus 86 dBm, RSRQ sebesar minus 11 dB, dan RSSNR sebesar 10 dB.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Cintana Dita Firdaus
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:31
Last Modified: 30 Aug 2023 01:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item
View Item