RANCANG BANGUN SISTEM PEMESANAN TIKET BUS PINTAR BERBASIS ANDROID

2003332035, Nurul Mawadah Warohmah (2023) RANCANG BANGUN SISTEM PEMESANAN TIKET BUS PINTAR BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluandanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sampaiBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip.pdf] Text
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (835kB)

Abstrak

Sistem penjualan tiket bus saat ini masih banyak menggunakan sistem tradisional dalam pelayanannya. Dalam sistem tradisional tersebut, agen-agen penjual tiket bus akan mencatat pemesanan tiket dalam buku dengan format pencatatan yang telah ditentukan oleh kantor pusatnya. Pada era industri 4.0 ini, kemajuan teknologi mengalami peningkatan secara pesat salah satunya adalah pemesanan tiket bus. Pemesanan tiket secara online menjadi pilihan utama untuk mempersingkat waktu. Hal ini akan membantu para penumpang mengetahui tempat duduk di bus, jadwal keberangkatan, dan biaya tiket. Sistem ini akan berfokus pada pemesanan tiket bus secara online dalam bentuk QR code tanpa harus mencetak tiket fisik pada loket. Verifikasi tiket akan menggunakan QR scanner dan pintu otomatis yang akan terbuka ketika QR code valid, dan admin bisa langsung mengecek data user dan order melalui web admin. Hasil pengujian pemesanan tiket bus pada aplikasi android dan web admin menunjukkan kesesuaian penampilan data yang dikirim atau diterima antara sistem, database firebase, aplikasi android, dan web admin Perangkat dan sensor yang diperlukan untuk membuat sistem ini adalah Arduino Mega, ESP32, sensor scanner GM66, push button, LCD, selenoid door lock, dan buzzer.. Kualitas jaringan internet menggunakan provider Telkomsel yang terhubung melalui hotspot dikategorikan sebagai “sempurna” karena nilai delay dari rata pada saat pengujian diperoleh adalah 0,067 second , packet loss yang didapat 0%.

Kata kunci :Aplikasi android, firebase,QR code, tiket bus, web admin

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Nurul Mawadah Warohmah
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:29
Last Modified: 30 Aug 2023 01:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14438

Actions (login required)

View Item
View Item