PEMBUATAN VIDEO ANIMASI PENDIDIKAN "GANGGUAN BIPOLAR" UNTUK REMAJA

1907433006, Rahmalya Fadhila Palupi (2023) PEMBUATAN VIDEO ANIMASI PENDIDIKAN "GANGGUAN BIPOLAR" UNTUK REMAJA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Rahmalya Fadhila Palupi_1907433006_Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Rahmalya Fadhila Palupi_1907433006_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Rahmalya Fadhila Palupi_1907433006_BAB 2 - 4.pdf] Text
Rahmalya Fadhila Palupi_1907433006_BAB 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Rahmalya Fadhila Palupi_1907433006_Jurnal Pembuatan Video Animasi Pendidikan.pdf] Text
Rahmalya Fadhila Palupi_1907433006_Jurnal Pembuatan Video Animasi Pendidikan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (876kB)

Abstrak

Kondisi kesehatan mental di dunia maupun di Indonesia terbilang cukup memprihatinkan terutama dikalangan remaja terjadi sekitar 40 juta orang di dunia mengalami gangguan bipolar dan sekitar 2,45 juta remaja di Indonesia mengalami gangguan kejiwaan, hal ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan dan faktor utamanya adalah stigma terhadap gangguan kesehatan mental yang dapat memicu gangguan kejiwaan, salah satunya ialah gangguan bipolar. Gangguan bipolar merupakan kondisi suasana perasaan atau mood yang berubah-ubah dari meninggi hingga depresi (Sholehah, 2021). Hal ini menjadi perhatian penting bagi kalangan remaja untuk lebih peduli terhadap kondisi kesehatan mental. Disisi lain remaja mengalami keterbatasan media informasi maupun pemahaman mengenai gangguan bipolar, sehingga diperlukannya media yang dapat merepresentasikan gangguan bipolar supaya kalangan remaja dapat menyadari gangguan tersebut sejak dini. Media informasi yang dimaksud berupa video animasi motion graphic. Video animasi motion graphic ini dipilih sebagai media edukasi mengenai gangguan bipolar karena media tersebut sangat mudah dipahami oleh target user. Untuk membuat video animasi motion graphic menggunakan metode Multimedia Development Lifecycle (MDLC) yang terdiri dari concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution.

Kata Kunci: Gangguan Kesehatan Mental, Gangguan Bipolar, Video Animasi Motion Graphic

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Rahmalya Fadhila Palupi
Date Deposited: 29 Aug 2023 10:50
Last Modified: 29 Aug 2023 10:50
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item
View Item