Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Anak dengan Teknologi Augmented Reality dan Speech Recognition

1903421015, Ludwinia Putri Salsabilla (2023) Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Anak dengan Teknologi Augmented Reality dan Speech Recognition. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (12MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal (1).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (812kB)

Abstrak

Pengembangan aplikasi media pembelajaran anak dengan teknologi augmented reality (AR) dan speech recognition di Taman Kanak-kanak Al-Iffah merupakan langkah inovatif dalam menambah pengalaman belajar anak-anak dalam mempelajari hewan dan huruf hijaiyah. Pemanfaatan SDK Vuforia dan ARCore dalam platform Unity3D memungkinkan interaksi visual yang menarik melalui perangkat Android. Teknologi speech recognition yang diimplementasikan melalui plugin Android Native dengan bahasa C# memungkinkan anak untuk memainkan dan melatih pelafalan dengan menyebutkan pelafalan ataupun jawaban melalui suara. Pengujian dilakukan terhadap aplikasi ini dengan mengacu pada standar ISO 25010. Bedasarkan pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa deteksi objek untuk jenis permukaan yang kasar memiliki rentang derajat kemiringan yang lebih luas daripada jenis permukaan yang mengkilap. Pada pengujian cahaya diketahui bahwa kondisi optimal untuk augmented reality bekerja yaitu sekitar 205 Lux. Kemudian, bedasarkan pengujian yang dilakukan untuk parameter volume suara yang dapat ditangkap oleh aplikasi pada android, di rentang 53dB - 87.8dB. Pada pengujian performancy, diketahui aplikasi ini menggunakan memory yang melebihi batas "acceptable" walaupun pemakaian CPU masih dalam batas wajar. Meskipun demikian, pengujian pada aspek functional suitability, portability, dan compatibility mencapai presentase kelayakan 100%, yang menunjukkan keberhasilan dalam pengembangan. Uji usability juga menunjukkan penerimaan yang baik oleh pengguna dengan masuk pada katagori "acceptable”.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Ludwinia Putri Salsabilla
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:25
Last Modified: 29 Aug 2023 07:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item
View Item