190743004, RAHMA NADIYA (2023) PEMBUATAN VIDEO ANIMASI PENDIDIKAN "GANGGUAN BIPOLAR" UNTUK REMAJA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Judul,pendahuluanDanPenutup.pdf
Download (721kB)
Bab 2 dan Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (431kB)
Abstrak
Kondisi kesehatan jiwa di dunia dan di Indonesia cukup memprihatinkan, khususnya di kalangan remaja, ada sekitar 40 juta orang di dunia mengalami gangguan bipolar dan sekitar 2,45 juta remaja di Indonesia mengalami gangguan kejiwaan. Kesehatan mental dapat memicu terjadinya gangguan kejiwaan, salah satunya gangguan bipolar. Gangguan bipolar adalah kondisi mood atau suasana hati yang berubah dari tinggi menjadi depresi (Sholehah, 2021). Hal ini menjadi perhatian penting bagi remaja untuk lebih peduli terhadap kondisi kesehatan mental. Di sisi lain, remaja mengalami keterbatasan media informasi dan pemahaman tentang gangguan bipolar, sehingga diperlukan media yang dapat merepresentasikan gangguan bipolar agar remaja dapat menyadari gangguan ini sejak dini. Media informasi yang dimaksud berupa video animasi motion graphic. Video animasi motion graphic ini dipilih sebagai media edukasi tentang bipolar disorder karena media tersebut sangat mudah dipahami oleh target user. Pembuatan video animasi motion graphic menggunakan metode Multimedia Development Lifecycle (MDLC) yang terdiri dari konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | RAHMA NADIYA |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 10:50 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 10:50 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14371 |