PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK SISTEM KEAMANAN PENYIMPANAN INVENTARIS PT. SWATAMA MEGA TEKNIK

1903421035, Aulia Wahyuni (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK SISTEM KEAMANAN PENYIMPANAN INVENTARIS PT. SWATAMA MEGA TEKNIK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Ilmiah Artikel.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (859kB)

Abstrak

PT. Swatama Mega Teknik, perusahaan sub-kontraktor di bidang Civil-Mechanical-Electrical (CME), Instrumentation, dan Telecommunication, menjalankan proyek swap perangkat lama dengan baru yang diberikan oleh vendor. Proses penyimpanan perangkat lama setelah di-dismantle dari site melibatkan penempatan di sekitar rak oleh tim engineer karena keterbatasan gudang. Solusi efektif diperlukan untuk menjaga keamanan perangkat tersebut. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan merancang aplikasi "InvLock". Aplikasi ini menghasilkan QR-Code untuk membuka penyimpanan, memonitor pendataan perangkat, absensi penyetoran perangkat, dan menunjukkan informasi penyimpanan. InvLock terintegrasi dengan perangkat yang ada, cocok untuk sistem keamanan dan manajemen inventaris perusahaan. Aplikasi ini secara otomatis merekam dan mencatat data perangkat serta memudahkan pemantauan penyimpanan berbasis IoT untuk admin dan pengguna. Aplikasi InvLock dirancang menggunakan bahasa pemrograman Java dan database Firebase, InvLock melewati serangkaian pengujian seperti fungsionalitas, efisiensi kinerja, kompatibilitas, dan usability. Hasil pengujian menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Dalam uji fungsionalitas sesuai ISO 25010, InvLock mencapai tingkat keberhasilan 100%, menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan lancar dan berfungsi dengan baik. Uji efisiensi kinerja pada tiga perangkat menunjukkan InvLock memenuhi kritera penggunaan rata-rata CPU dan memori aplikasi, berdasarkan pengujian dengan tools Apptim. Uji kompatibilitas menghasilkan nilai 100%, menunjukkan interaksi baik dengan perangkat dan sistem lain dalam berbagai lingkungan. Uji usability melibatkan 10 responden dari PT. Swatama Mega Teknik, di mana InvLock mendapatkan penilaian baik dengan presentase 78,3%.. Hasil penelitian ini menunjukkan aplikasi yang terhubung dengan perangkat yang ada dan dapat diterapkan dalam manajemen inventaris dan keamanan perusahaan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Aulia Wahyuni
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:15
Last Modified: 29 Aug 2023 07:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14367

Actions (login required)

View Item
View Item