Penerapan Building Information Modeling Menggunakan Tekla Structures dalam Scheduling Basement Tower 2 (Studi Kasus Proyek Elevee Alam Sutera)

2001311050, Yayan Bagus Setiawan (2023) Penerapan Building Information Modeling Menggunakan Tekla Structures dalam Scheduling Basement Tower 2 (Studi Kasus Proyek Elevee Alam Sutera). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of (1)MK_D3-KG1_YAYAN BAGUS SETIAWAN.pdf] Text
(1)MK_D3-KG1_YAYAN BAGUS SETIAWAN.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of (2.)MK_D3-KG1_YAYAN BAGUS SETIAWAN.pdf] Text
(2.)MK_D3-KG1_YAYAN BAGUS SETIAWAN.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)

Abstrak

Proyek Elevee Alam Sutra, yang berlokasi di daerah Tangerang Selatan, merupakan proyek pembangunan Apartemen berkonstruksi beton bertulang yang sebelumnya menggunakan penjadwalan manual dalam bentuk Kurva S menggunakan Ms Project. Namun, berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 9 Tahun 2021, proyek tersebut harus beralih ke sistem berbasis BIM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan BIM 4D (penjadwalan) menggunakan Tekla pada Proyek Pembangunan Apartemen guna mengevaluasi penggunaan BIM dalam proses penjadwalan yang dilakukan oleh kontraktor. Metode penelitian yang digunakan dimulai dengan mengkaji perangkat lunak yang digunakan dan objek yang dimodelkan, serta melakukan pengumpulan data as-built dan Kurva S. Proses pengolahan data dimulai dengan melakukan permodelan 3D menggunakan Tekla Structures 2020, kemudian dilanjutkan dengan proses penjadwalan menggunakan Tekla Task Manager, dan akhirnya membuat model 4D dengan menggunakan representasi objek yang tersedia di Tekla. Penjadwalan dilakukan berdasarkan Rencana Anggaran Biaya, Kurva S, dan juga melibatkan hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait. Hasil-hasil tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam Tekla Task Manager dan diaplikasikan pada barchart. Model 4D diolah dengan memanfaatkan logika visual untuk mengintegrasikan model 3D yang telah dijadwalkan, sehingga tahapan perencanaan pembangunan dapat disajikan secara visual berdasarkan tanggal review. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Tekla Structures dapat membantu dalam menyusun penjadwalan pada Elevee Alam Sutra yang berlokasi di daerah Tangerang Selatan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: Yayan Bagus
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:23
Last Modified: 29 Aug 2023 06:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14340

Actions (login required)

View Item
View Item