WEBSITE SISTEM PENDATAAN IKAN AIR TAWAR LOKAL INDONESIA DENGAN FITUR GIS MENGGUNAKAN LEAFLET

1903421043, Mohammad Arif Raki (2023) WEBSITE SISTEM PENDATAAN IKAN AIR TAWAR LOKAL INDONESIA DENGAN FITUR GIS MENGGUNAKAN LEAFLET. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (10MB)
[thumbnail of Jurnal.pdf] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (590kB)

Abstrak

Pembuatan website dilakukan untuk membantu komunitas Freshwater Fish of Indonesia dalam pendataan spesies ikan air tawar lokal indonesia beserta habitatnya. Untuk itu website dibangun dengan memanfaatkan fitur GIS (Geographic Information System). Pada skripsi ini dibahas mengenai perancangan sistem pendataan menggunakan framework Laravel dengan fitur GIS (Geographic Information System) yang dibangun menggunakan Leaflet-JS untuk menampilkan informasi dan lokasi observasi yang disimpan dalam database MySQL. Pengujian website berdasarkan standar ISO 25010 dengan aspek functional suitability, performance efficiency, usability, security, dan portability. Hasil uji functional suitability mendapatkan nilai 100%. Hasil uji performance efficiency dengan Lighthouse mendapatkan nilai rata-rata 87,9. Hasil uji usability dengan metode SUS mendapatkan nilai 72,125 yang termasuk nilai Baik. Hasil uji security mendapatkan grade A. Hasil uji portability mendapatkan hasil yang baik karena website bersifat responsif dan semua fitur dapat berjalan dengan perangkat yang berbeda. Pengujian juga dilakukan terhadap Fitur GIS pada website, yaitu uji functional usability dengan nilai 100%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 912 Representasi grafis permukaan bumi, atlas, peta
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Mohammad Arif Raki
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:12
Last Modified: 29 Aug 2023 01:12
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item
View Item