PENERAPAN PRINSIP KNOW YOUR CUSTOMER DALAM PROSES SUPPLIER ACQUISITION SEBAGAI CALON DEBITUR PADA PT SIMPLEFI TEKNOLOGI INDONESIA (AWANTUNAI)

2004321007, Airin Sevilla Rumesty (2023) PENERAPAN PRINSIP KNOW YOUR CUSTOMER DALAM PROSES SUPPLIER ACQUISITION SEBAGAI CALON DEBITUR PADA PT SIMPLEFI TEKNOLOGI INDONESIA (AWANTUNAI). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas, BAB 1, BAB 5] Text (Halaman Identitas, BAB 1, BAB 5)
Halaman Identitas, BAB 1, BAB 5_Laporan Tugas Akhir_ Airin Sevilla Rumesty.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (BAB 2 - BAB 4)] Text (Isi (BAB 2 - BAB 4))
Isi (BAB 2 - BAB 4)_Laporan Tugas Akhir_Airin Sevilla Rumesty.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Prinsip Mengenal Calon Pengguna Jasa (Know Your Customer) merupakan prinsip penting yang mana telah diwajibkan menurut undang-undang dan peraturan berlaku bagi industri teknologi finansial sebelum melakukan hubungan dengan pengguna jasa dengan tujuan untuk pencegahan tindak Pidana Pencucian Uang dan/atau Pendanaan Terorisme serta mitigasi risiko kredit dalam bisnis. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai penerapan prinsip Know Your Customer dalam proses supplier acquisition (calon debitur) pada PT Simplefi Teknologi Indonesia besertatujuan dan manfaat yang didapatkan. Terdapat juga pembahasan mengenai kendala yang disertai solusi selama proses penerapan prinsip Know Your Customer pada supplier acquisition. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dengan data yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan wawancara. Berdasarkan penelitian dalam Laporan Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa prinsip Know Your Customer dalam proses supplier acquisition pada PT Simplefi Teknologi Indonesia (AwanTunai) dilaksanakan melalui tahap screening, verifikasi data dan dokumen, analisis kredit, hingga mendapatkan persetujuan. Prinsip KYC dilakukan dengan teliti sehingga dapat meminimalisir berbagai resiko dan memastikan bahwa fasilitas diberikan kepada debitur yang tepat.
Kata kunci: Teknologi Finansial, Risiko, Prinsip Mengenal Pengguna Jasa

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 348 Undang-undang, hukum, regulasi dan kasus
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: Airin Sevilla Rumesty Napitupulu
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:01
Last Modified: 30 Aug 2023 04:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item
View Item