RANCANG BANGUN PENDETEKSI JUMLAH PENONTON PADA STADION BERBASIS ANDROID

2003332047, Laila Fatikhul Fadhilah (2023) RANCANG BANGUN PENDETEKSI JUMLAH PENONTON PADA STADION BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (821kB) | Request a copy
[thumbnail of ISI BAB 2 Sd BAB 4] Text (ISI BAB 2 Sd BAB 4)
ISI BAB 2 Sd BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang paling populer di dunia. Indonesia termasuk salah
satu negara dengan antusias sepak bola yang sangat tinggi. Sepak bola identik dengan stadion.
Stadion adalah bangunan untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga sepakbola atau olahraga
lainnya. Dalam kegiatan besar olahraga tersebut memiliki jumlah penonton yang sangat banyak
sehingga memerlukan ketertiban dari penonton. Secara umum sebuah stadion sepak bola memiliki
kapasitas yang sudah di tentukan, namun tidak sedikit juga adanya oknum dari sebuah pertandingan
menjual tiket melebihi kapasitas stadion sehingga menyebabkan penonton berdesak-desakan. Selain
itu pada proses pembelian tiket pertandingan sepak bola masih manual dengan menggunakan kertas
dan perekapan data yang menyulitkan petugas sehingga menyebabkan antrian dan membutuhkan
waktu yang lebih lama. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibuatlah sistem pendeteksi jumlah
penonton pada stadion berbasis android untuk memudahkan petugas dalam mengelola jumlah
penonton. Sistem ini terintegrasi dengan ESP8266 yang terkoneksi dengan sensor ultrasonic, motor
DC, dan juga scanner GM 66. Aplikasi ini memiliki 2 jenis yaitu aplikasi untuk user yang berfungsi
untuk memesan tiket dan aplikasi untuk admin yang mengontrol serta mengatur kapasitas
setpengunjung. Pada aplikasi admin jika diatur setpengunjung 10, maka pada firebase akan
mengatur set yang sama sehingga jika sudah melebihi kapasitas buzzer akan berbunyi.

Kata Kunci: Scanner GM66; Aplikasi Android; Firebase;

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Laila Fatikhul Fadhilah
Date Deposited: 28 Aug 2023 23:51
Last Modified: 28 Aug 2023 23:51
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item
View Item