Rancang Bangun Prototype Jalan Berbayar ERP (Electronic Road Pricing) Menggunakan UHF Radio Frequency Identification (RFID)

2003332076, Rama Rendika (2023) Rancang Bangun Prototype Jalan Berbayar ERP (Electronic Road Pricing) Menggunakan UHF Radio Frequency Identification (RFID). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (801kB)
[thumbnail of Isi Tugas Akhir] Text (Isi Tugas Akhir)
Isi Tugas Akhir.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Sistem Electronic Road Pricing (ERP) terbukti efektif dalam mengatasi kemacetan di kota- kota metropolitan. Teknologi Radio Frequency Identification (RFID), khususnya UHF RFID, telah secara luas diterapkan dalam sistem ERP. Menyajikan implementasi dan evaluasi penggunaan UHF RFID dalam Electronic Road Pricing. Kami merancang prototype jalan berbayar ERP yang mengintegrasikan aplikasi Android dengan modul UHF RFID. ESP32 digunakan sebagai perantara untuk mentransmisikan data RFID dari modem. Pengujian kualitas UHF RFID terhadap ESP32 pada berbagai jarak menunjukkan hasil yang baik pada jarak 1 sampai 3 meter. Sistem mampu mendeteksi tag RFID dengan akurasi baik pada jarak ini. Namun, pada jarak 4 sampai 5 meter, sistem tidak dapat mendeteksi tag RFID. Ini mungkin disebabkan oleh kurangnya sensitivitas UHF RFID pada jarak yang lebih jauh. Hasil pengujian sudut 0 derajat hingga 180 derajat pada jarak 1 sampai 3 meter menunjukkan kinerja terbaik pada sudut 0 persen (sejajar), dengan tingkat keberhasilan lebih dari 95 persen. Namun, kinerja sistem menurun seiring dengan peningkatan sudut dan jarak. Pada sudut 30 derajat, 60 derajat, dan 90 derajat, tingkat keberhasilan turun menjadi 80 sampai 90 persen, 60 sampai 80 persen, dan 40 sampai 60 persen secara berturut-turut. Ini mengindikasikan adanya hambatan dalam pembacaan pada sudut yang semakin tajam dan jarak yang semakin jauh. Pengujian kecepatan modem GSM menggunakan Speedtest nPerf pada jam-jam tertentu di daerah DKI Jakarta menunjukkan variasi hasil. Pada jam 08:00, 09:00, 12:00, 15:00, dan 18:00, kondisi latency tergolong baik. Namun, pada jam 21:00, kondisi latency sangat baik, menunjukkan performa yang lebih optimal pada jam tersebut.
Kata Kunci : Electronic Road Pricing, ERP, UHF Radio Frequency Identification, RFID, ESP32

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: A.Md.T Rama Rendika
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:50
Last Modified: 30 Aug 2023 04:50
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item
View Item