PENGARUH E-COMMERCE, PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KABUPATEN BOGOR (SUATU TINJAUAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM)

1904411026, Farah Variesta Az-Zahra (2023) PENGARUH E-COMMERCE, PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KABUPATEN BOGOR (SUATU TINJAUAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi, BAB 1, BAB 5] Text (Bagian Identitas Skripsi, BAB 1, BAB 5)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bagian Isi] Text (Bagian Isi)
Isi (BAB 2 dan BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (215kB)

Abstrak

Perilaku Konsumtif adalah perilaku atau gaya hidup individu yang senang membelanjakan uangnya tanpa pertimbangan yang matang. Adapun pandangan perilaku konsumtif secara Islami, yakni konsumerisme dilarang berperilaku berlebih-lebihan, hanya berorientasi pada kepuasan duniawi dan menumbuhkan sifat sombong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce, pendapatan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam dengan menggunakan metode kuantitatif pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda yang dibantu dengan software statistik SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 22.0. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada 130 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa e-commerce dan pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil lainnya membuktikan bahwa gaya hidup memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mempelajari ilmu ekonomi dan referensi dalam penelitian selanjutnya. Adapun saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagi masyarakat Kabupaten Bogor agar tidak mudah terpengaruh dan memenuhi kebutuhan hidup sesuai dengan perilaku Islami dan bagi pihak penyedia e- commerce agar memperhatikan sistem transaksi berupa akad yang disepakati sehingga transaksi memiliki nilai ibadah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Farah Variesta Az-Zahra
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:00
Last Modified: 28 Aug 2023 08:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item
View Item