RANCANG BANGUN MESIN PEMIPIL JAGUNG KERING BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID DENGAN ANTENA MIKROSTRIP 2,4 GHz TRIANGULAR – RECTANGULAR PATCH ARRAY 1×2

2003332055, Akmal Ahmadi Simatupang (2023) RANCANG BANGUN MESIN PEMIPIL JAGUNG KERING BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID DENGAN ANTENA MIKROSTRIP 2,4 GHz TRIANGULAR – RECTANGULAR PATCH ARRAY 1×2. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of (Halaman Identitas Tugas Akhir).pdf] Text
(Halaman Identitas Tugas Akhir).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal.pdf] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (572kB)
[thumbnail of (Bab 2 sd Bab 4).pdf] Text
(Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Tanaman jagung merupakan salah satu tanaman penting di Indonesia. Sebagai bahan makanan, jagung banyak mengandung protein dan zat tepung. Jagung menduduki tempat kedua setelah padi. Hasil pengujian menyatakan bahwa semua komponen dalam sistem telah berhasil sesuai dengan spesifikasi dan standar yang ditetapkan sebelumnya. Uji coba terhadap catu daya menggunakan IC LM7809 berhasil menghasilkan penurunan tegangan yang signifikan dari sumber listrik PLN sebesar 215 V AC menjadi 8,09 V melalui penggunaan trafo, sesuai dengan kebutuhan tegangan keluaran 9V yang diharapkan dari IC Regulator 7809. Sistem pengolahan biji jagung kering yang berbasis ESP32 berhasil mencapai tingkat akurasi 100% dari sensor load cell dalam lima percobaan berbeda. Aplikasi yang diterapkan juga mampu secara efektif menampilkan informasi berat biji jagung kering di dalam penampung, Rancangan sistem monitoring yang terintegrasi memungkinkan pemantauan berat biji jagung kering dan status kotak penampungan melalui aplikasi. Pengujian kualitas layanan (QoS) menggunakan Wireshark menghasilkan hasil yang memuaskan terkait delay, dengan nilai 43,56 ms yang berada di bawah ambang batas 150 ms, serta tanpa kehilangan paket data (packet loss), yang mencerminkan kualitas transmisi yang stabil. Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa terdapat peluang untuk meningkatkan performa throughput yang saat ini masih di tingkat rendah. Karena itu, terbuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam aspek ini.

Kata kunci: Jagung, Internet, Load cell, Android

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: 2003332055 Akmal Ahmadi Simatupang
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:09
Last Modified: 28 Aug 2023 06:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item
View Item