MENILAI TEPAT GUNA LAHAN BERBASIS SITE PLAN PADA PEMENUHAN PRASARANA DI APARTEMEN BERKONSEP HIJAU (Apartemen Elevee Alam Sutera)

1901421004, ABDUL MALIK (2023) MENILAI TEPAT GUNA LAHAN BERBASIS SITE PLAN PADA PEMENUHAN PRASARANA DI APARTEMEN BERKONSEP HIJAU (Apartemen Elevee Alam Sutera). D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS] Text (HALAMAN IDENTITAS)
HALAMAN IDENTITAS_ABDUL MALIK.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of ISI] Text (ISI)
ISI_ABDUL MALIK.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)

Abstrak

Apartemen menjadi salah satu solusi dalam menyediakan hunian yang efisien dan fungsional di kawasan perkotaan, Apartemen berkonsep hijau merupakan perancangan hunian yang memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan dan penggunaan sumber daya yang efisien, Apartemen berbasis konsep hijau dalam hal evaluasi tepat guna lahan dalam pemenuhan prasarana masih dilakukan secara konvensional. Diperlukan pendekatan yang lebih efisien dan akurat dalam menilai tepat guna lahan pada pemenuhan prasarana menggunakan prinsip GBCI. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis capaian green building dengan Greenship versi 1.2 tentang Tepat Guna Lahan pada Apartemen Tangerang-Indonesia untuk dijadikan evaluasi serta alternatif dalam menerapkan bangunan berkonsep hijau yang optimal. Metode yang digunakan adalah Metode Kuantitatif yaitu menilai Tepat Guna Lahan menggunakan rating tools yang terdapat pada Greenship New Building Versi 1.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek Apartemen Tangerang-Indonesia memperoleh 13 poin dari total 17 poin atau 76.47% penilaian untuk Tepat Guna Lahan. Beberapa tolak ukur tidak terpenuhi yaitu ASD-1 no 2, ASD-4 no 1 dan 2 dan ASD-5 no.2 karena adanya beberapa keterbatasan data dan ketidakmampuan dalam memenuhi persyaratan tertentu. Oleh karena itu, diperlukan rekomendasi dan perbaikan seperti pembuatan denah parkir sepeda yang sesuai dengan persyaratan untuk mencapai rating maksimal (100%).
Kata kunci: Apartemen hijau; Tepat Guna Lahan; GBCI

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: ABDUL MALIK
Date Deposited: 27 Aug 2023 16:53
Last Modified: 27 Aug 2023 16:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item
View Item