ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PADA PEKERJAAN KOLOM LANTAI BASEMENT GEDUNG LABORATORIUM UTAMA (STUDI KASUS PEMBANGUNAN PROYEK RTCT PERTAMINA JAKARTA BARAT)

2001311015, Dendy Syaputhra Amirullah (2023) ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PADA PEKERJAAN KOLOM LANTAI BASEMENT GEDUNG LABORATORIUM UTAMA (STUDI KASUS PEMBANGUNAN PROYEK RTCT PERTAMINA JAKARTA BARAT). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of (1) HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI_Dendy Syaputhra A.pdf] Text
(1) HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI_Dendy Syaputhra A.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of (2) BAB 2 - BAB 4.pdf] Text
(2) BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (23MB)

Abstrak

Dalam beberapa tahun belakangan pembangunan konstruksi telah berjalan semakin pesat. Dengan banyak bertambahnya pembangunan konstruksi ini, kualitas yang baik dari sebuah proyek konstruksi bangunan harus terlaksana. Maka dari itu pengendalian mutu sangat penting dilakukan oleh setiap proyek konstruksi agar suatu proyek dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang sudah direncankan. Pada penelitian ini akan difokuskan kepada struktur atas yaitu kolom. Dalam pegumpulan data tugas akhir ini digunakan data sekunder, data yang diperoleh dari sumber dokumen Proyek. Pengendalian mutu ini dilakukan dengan pengecekan izin kerja dan dokumen lain yang harus diperiksa oleh Manajemen Konstruksi, pengujian benda uji yaitu pengujian beton dengan fc 30 Mpa, dan pengujian besi dengan diameter D10, D13, D19, D22, D25, pengawasan ketika pekerjaan berlangsung menggunakan form checklist serta pengecekan hasil akhir pada pekerjaan kolom dan langkah perbikan jika terdapat ketidaksesuaian pada hasil pekerjaan kolom. Dalam proses pengendalian mutu penelitian ini kesesuaian pekerjaan dilapangan, pengujian besi tulangan, pengujian beton sudah sesuai dengan persyaratan dokumen RKS, akan tetapiterdapat cacat kecil pada kolom yang langsung diberi tindakan perbaikan agar tidak merusak mutu yang didapatkan. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mutu pada pekerjaan kolom pada penelitian ini sudah sesuai dengan syarat yang ditetapkan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: Dendy Syaputhra Amirullah
Date Deposited: 27 Aug 2023 16:40
Last Modified: 27 Aug 2023 16:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13986

Actions (login required)

View Item
View Item