Nugraha, Muhammad Fadhil (2023) ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN PKJI 2014 TERHADAP SOFTWARE INFRAWORKS PADA SIMPANG BERSINYAL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
SKRIPSI_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD FADHIL NUGRAHA.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI_ABSTRAK, BAB II - BAB IV, LAMPIRAN FULL_MUHAMMAD FADHIL NUGRAHA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (6MB)
Abstrak
Jalan KH. Hasyim Ashari - Jalan Taman Golf Raya merupakan daerah komersial yang memiliki aktivitas sisi jalan yang tinggi. Jalan ini sering terjadi kemacetan dikarenakan banyak kendaraan berhenti di tepi jalan dan aktivitas komersial serta perdagangan. Akibat permasalahan tersebut diperlukan menganalisis kinerja simpang bersinyal pada jalan tersebut, lalu dibandingkan dengan analisis menggunakan software Infraworks. Perbandingan dilakukan untuk mengetahui parameter – parameter yang berbeda dalam analisis kinerja simpang dengan perhitungan manual PKJI 2014 dan software Infraworks. Dari hasil Analisa menggunakan infraworks, hasil output yang dapat digunakan adalah hasil tundaan. Nilai tundaan yang didapat menggunakan software infraworks pada kondisi eksisting pada pendekat selatan, timur, dan barat yang paling mendekati dengan menggunakan konfigurasi 1 adalah sebesar 38 det/skr, 181 det/skr, dan 29 det/skr. Hasil ini dibandingkan dengan perhitungan manual PKJI 2014 pada kondisi eksisting yang nilainya adalah 37 det/skr, 180 det/skr, dan 35 det/skr. Untuk hasil alternatif solusi terbaik yang digunakan adalah alternatif solusi 3, Nilai tundaan yang didapat menggunakan software infraworks pada alternatif solusi 3 pada pendekat selatan, timur, dan barat yang paling mendekati dengan menggunakan konfigurasi 4 adalah sebesar 37 det/skr, 34 det/skr, dan 48 det/skr. Hasil ini dibandingkan dengan perhitungan manual PKJI 2014 pada solusi alternatif 3 yang nilainya adalah 44 det/skr, 32 det/skr, dan 47 det/skr. Dari hasil tersebut diketahui bahwa hasil Analisa menggunakan Infraworks sudah mendekati dengan hasil perhitungan manual PKJI 2014. Untuk mendapatkan hasil terbaik diperlukan beberapa kali kalibrasi dan validasi dengan mengubah driving behaviour agar mendapatkan hasil dengan nilai konfigurasi terbaik yang nilainya ≤ 1%.
Kata kunci: Simpang bersinyal, PKJI 2014, Infraworks
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | Muhammad Fadhil Nugraha |
Date Deposited: | 27 Aug 2023 15:42 |
Last Modified: | 27 Aug 2023 15:42 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13967 |