Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Pemantauan Pertumbuhan Tanaman Hidroponik berbasis Internet of Things (IoT)

Miranda, Shaffanah Ghaniyah (2023) Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Pemantauan Pertumbuhan Tanaman Hidroponik berbasis Internet of Things (IoT). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Populasi manusia yang meningkat akan membuat lahan pertanian akan menjadi terbatas. Hal ini menuntut para petani untuk meningkatkan produksi dengan lahan terbatas. Sistem Tanam Hidroponik menawarkan solusi untuk meningkatkan produksi dengan efisien. Selain itu petani juga dapat memanfaatkan teknologi untuk memonitoring tanamannya. Artificial Intelligence menjadi salah satu teknologi yang dapat mendukung solusi tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini dibuat sistem yang memanfaatkan Raspberry Pi sebagai mikrokontroler, dan dapat memonitoring pertumbuhan tanaman hidroponik lewat aplikasi android. Kondisi tanaman hidroponik akan dipantau dengan sensor suhu DS18B20, sensor TDS, dan sensor pH, selain itu tanaman akan dipantau lewat web camera yang telah diprogram dengan metode Color Image Processing agar dapat mengukur ketinggian tamanan, yang mana hasil pemantauan tanaman hidroponik dilakukan lewat aplikasi android, data akan tersimpan dalam database firebase melalui jaringan internet. Pada penelitian ini dilakukan pengujian output nilai dari sensor suhu, TDS, pH, serta pendeteksi ketinggian tanaman dengan membandingkan nilai sensor dengan alat ukur yaitu mendapatkan nilai rata-rata akurasi >95 persen. Pada penelitian ini juga dilakukan pengujian aplikasi android, kesesuaian data dengan database firebase, dan pengujian QoS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi sudah dapat berfungsi dan terhubung dengan database firebase, data yang dikirimkan sesuai. Pengujian QoS dengan throughput sebesar 68.438 kbps, packet loss sebesar 0 persen, dan delay sebesar 14.8 ms. Hal tersebut menunjukkan koneksi realtime untuk menghubungkan aplikasi dengan mikrokontroler berjalan lancar dengan kategori sangat baik.

Kata kunci : Artificial Intelligence, Aplikasi Android, Firebase, Hidroponik, Raspberry Pi

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Shaffanah Ghaniyah Miranda 2003332017
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:40
Last Modified: 28 Aug 2023 01:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item
View Item