PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MONITORING SALES ORDER PT. XL AXIATA TBK PADA PT. DAYAMITRA TELEKOMUNIKASI

1903421019, Fathiyyah Muthi Asyifa (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MONITORING SALES ORDER PT. XL AXIATA TBK PADA PT. DAYAMITRA TELEKOMUNIKASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Ketepatan waktu dalam mengerjakan sebuah proyek merupakan poin utama dari segi bisnis, karena dapat menjaga hubungan dan kepercayaan konsumen. Dengan banyaknya proyek yang dikerjakan, sudah pasti membutuhkan ketelitian dalam melakukan pemantauan. Dalam implementasinya, pemantauan sales order pada PT. Dayamitra Telekomunikasi masih semi-manual dengan menggunakan fitur pivoting table Excel dan PowerPoint untuk pengolahan dan visualisasi data yang membutuhkan banyak waktu. Untuk mengatasi masalah efisiensi ini, diperlukan suatu sistem yang dapat mengotomatisasikan pengolahan dan visualisasi data. Oleh karena itu, dibuatlah Sistem Informasi Monitoring Sales Order berbasis website dengan framework Laravel dan beberapa library penunjang yaitu Laravel Excel dan Carbon untuk pengolahan data, Leaflet dan Chart.js untuk visualisasi data. Hasil pengujian efisiensi memperoleh persentase efisiensi sebesar 91,7%. Hal ini membuktikan bahwa sistem mampu mengotomatisasi pengolahan dan visualisasi data secara efisien dibandingkan dengan cara konvensional. Functionality dan compatibility testing memperoleh persentase keberhasilan sebesar 100% menggunakan Katalon Studio. Pengujian security menggunakan ImmuniWeb memperoleh nilai B-. Pengujian usability menggunakan metode System Usability Scale (SUS) memperoleh rata-rata skor sebesar 73,75 yang mengindikasikan website dapat diterima dengan baik. Pengujian interface memperoleh status passed, crowd testing dengan 1000 client selama 1 menit memperoleh rata-rata response times sebesar 529 ms dan bandwidth sent hanya 337.89 KB membuktikan bahwa server mampu menangani client dalam jumlah banyak. CAT memperoleh persentase keberhasilan sebesar 100%, membuktikan bahwa sistem telah memenuhi persyaratan kontrak dengan baik. Pengujian pengolahan data pada sistem memperoleh persentase keberhasilan sebesar 100%, membuktikan proses pengolahan data yang dilakukan sudah akurat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Fathiyyah Muthi Asyifa
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:39
Last Modified: 28 Aug 2023 01:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item
View Item