Rancang Bangun Sistem Monitoring Keamanan Rumah Berbasis Android

2003332032, Sabrina Intan Permatasari (2023) Rancang Bangun Sistem Monitoring Keamanan Rumah Berbasis Android. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Halaman Tugas akhir, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan Lampiran] Text (Halaman Tugas akhir, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan Lampiran)
Lengkap.doc.docx

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
Bab 2 - Bab 4.docx
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Artikel Ilmiah (Jurnal))
JURNAL.doc.docx
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (2MB)

Abstrak

Saat ini banyak orang yang memasang kamera pengawas untuk memantau rumah ketika dalam keadaan kosong. Namun tidak ada pemberitahuan secara langsung kepada pemilik rumah ketika ada orang yang tidak dikehendaki terdeteksi oleh kamera pengawas. Kekurangan lainnya adalah kamera tetap menangkap gambar meskipun tidak ada yang terdeteksi. Oleh karena itu dibuatlah sistem monitoring keamanan rumah dengan mengoptimalkan teknologi yaitu menggunakan sensor passive infra red (PIR) dan ultrasonic. Aplikasi android dibuat untuk mendukung sistem monitoring secara online sehingga memudahkan pemilik rumah memantau dengan fleksibel. Dari pengujian yang dilakukan terbukti sistem mampu bekerja mendeteksi, memfoto dan mengirim hasilnya ke pengguna. Jarak yang dibutuhkan oleh sensor PIR dan ultrasonic adalah lebih dari sama dengan 10 cm. Sensor yang berhasil mendeteksi suatu gerakan akan menampilkan status sensor yang berisi ‘aktif’ pada halaman monitoring. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan alarm dengan menekan tombol ‘hidup’ atau ‘mati’. Objek yang terdeteksi dari kamera dapat dilihat pada tampilan halaman riwayat aplikasi yang berisikan gambar, bulan, tahun, dan tanggal.
Kata kunci : Keamanan rumah, Arduino mega, Esp32-cam, Firebase, Sensor PIR.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Sabrina Intan Permatasari
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:38
Last Modified: 28 Aug 2023 01:38
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13887

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item