SISTEM MONITORING DAN KLASIFIKASI KESEHATAN JEMBATAN BENTANG PANJANG DENGAN LOGIKA FUZZY

2003321007, Maria Rizki Diah Ayu Marvriyani (2023) SISTEM MONITORING DAN KLASIFIKASI KESEHATAN JEMBATAN BENTANG PANJANG DENGAN LOGIKA FUZZY. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (758kB)

Abstrak

Struktur jembatan mengacu pada elemen-elemen fisik yang membentuk sebuah jembatan dan mendukung beban dinamis pada intensitas dan frekuensi beban. Struktur jembatan mempunyai elemen penting seperti Lempengan, Gording, Tumpuan, Tiang Dukung, Fondasi, Perkuatan, Sistem Penahan. Khusus nya pada jembatan yang terbuat dari baja struktur, dimana beban dinamis yang berulang pada frekuensi tertentu dapat menyebabkan resonansi struktur. Resonansi adalah fenomena dimana struktur bergetar pada amplitude tertinggi, yang bisa menyebabkan kerusakan pada jembatan atau bahkan keruntuhan jika tidak dikendalikan. Maka untuk keresahan tersebut direalisasikan sebuah sistem untuk memonitoring kesehatan struktur jembatan dengan menggunakan sensor akselerometer sebagai pengukur akselerasi, frekuensi dan perpindahan. Hasil pengujian sensor akselerometer berupa data akselerasi pada sumbu X, Y, dan Z dengan Fast Fourier Transform (FFT) untuk menentukan hasil frekuensi yang nantinya akan di implementasikan pada fuzzy logic sebagai pembuat keputusan untuk mengetahui jembatan itu bisa dikatakan sehat atau tidak dengan acuan yang ada pada PUPR. Fuzzy logic diimplementasikan dengan inputan berupa sensor akselerometer Akf394 dan output Fuzzy berupa seberapa keras dan kelenturan pada lendutan jembatan. Hasil output yang dihasilkan berjalan sesuai dengan perhitungan teori perancangan pada aplikasi Matlab.
Kata Kunci: Akselerasi; Frekuensi; MatLab; Fuzzy Logic; Sensor Akselerometer;

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Maria Rizki Diah Ayu Marvriyani
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:31
Last Modified: 28 Aug 2023 01:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item
View Item